Diskominfo Kukar

Bawa Prestasi yang Gemilang Untuk Daerah, 60 Kafilah Kukar Disambut Hangat Pemerintah dan Masyarakat

upnews.id Tenggarong- Kepulangan Kafilah Kutai Kartanegara yang bertanding di MTQ ke-44 Kalimantan Timur disambut antusias masyarakat.

Mereka disambut dengan penuh suka cita oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin.

Ratusan pelajar madrasah pun berkumpul di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong untuk menyambut kepulangan 60 Kafilah Kutai Kartanegara.

Iringan sholawat juga terus berkumandang dibuntuti dengan mobil pembawa trhopy bergilir yang mampu dipertahankan Kutai Kartanegara untuk ke-enam kalinya.

“Saya berterimakasih kepada masyarakat dan para kafilah. Alhamdulillah kita mampu membawa pulang piala ini enam kali berturut,” ujar Bupati Edi Damansyah, Selasa (23/5/2023).

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara pun telah menjanjikan bonus bagi para juara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Bonus tersebut akan diberikan bagi Qari dan Qariah yang berhasil menorehkan prestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.

Untuk ajang MTQ tingkat Kabupaten, Bupati Edi Damansyah telah menyiapkan beasiswa Kukar Idaman (Beasiswa Tuntas).

Beasiswa ini akan diberikan kepada para juara MTQ di tingkat kabupaten selam menempuh pendidikan. Jika kuliah mala akan diberikan full 8 semester.

Untuk ajang MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur, bila menjadi juara umum, maka yang mendapat juara pertama akan diberangkatkan Umroh berserta uang tunai senilai Rp25 juta

Kemudian, terbaik 2 akan mendapatkan Rp22 juta bersama pelatihnya dan terbaik 3 mendapatkan Rp19 juta bersama pelatihnya.

“Karena prestasi yang dicapai oleh anak-anak ini tidak lepas dari pelatih. Bonus ini bagian dari menepati janji kita. Alhamdulillah prestasinya juga tercapai,” kata Edi Damansyah.

Sementara itu, untuk yang berhasil menorehkan prestasi juara pertama di tingkat Nasional maka akan diberi apresiasi sebuah rumah di Grand Teriti Tenggarong.

Bupati Edi Damansyah pun telah meminta kepada tim Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk segera mengambil langkah cepat dan praktis.

Terutama dalam melakukan pembinaan dan pelatihan untuk mempersiapakan kafilah Kutai Kartanegara di tingkat nasional.

Kata Edi, pembinaan bisa dilakukan mulai dari tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan dan terus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas kafilah Kukar.

“Bidang apapun pembinaannya, kami akan optimalkan membina anak asli Kukar. Saya sangat percaya, jika pembinaan baik pasti hasilnya baik,” imbuhnya.

Terakhir, Bupati Edi Damansyah juga memberikan apresiasi terhadap para alim ulama, para guru dan masyarakat Kukar.

Menurutnya, pengembangan sosial kemasyarakatan, sosial keagamaan, dan kerukunan di Kukar bisa berjalan dengan baik. (adv)

Baca Juga

Back to top button