EkonomiKutai TimurPolitik

Dibawah Tanagan Dingin Asti Mazar, Lacal Market Dapat Memotivasi Para Pemuda Kutim

Upnews.id Sangatta- Dibalik suksesnya Even Lacal Market Sangatta 2022 yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 30 Juni hingga 2 Juli, yang dihelat di Halaman alun-alun (Helipad) Kantor Bupati Kutai Timur (Kutim), ternyata tidak terlepas dari tangan dingin sosok Wakil Ketua I DPRD Kutai Timur (Kutim), Asti Mazar.

Legislator Partai Golkar itu disebut-sebut sebagai aspirator kegiatan Lacal Market 2022 yang dimotori Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutim bersama UMKM Bangkit.

Kilas balik kegiatan Lacal Market Sangatta 2022, diawali dari pembukaan yang dilakukan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, pada 30 Juni. Acara resmi ditutup oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, pada 2 Juli 2022 malam.

Acara ini tergolong sukses memberdayakan UMKM lokal karena diminati dan mampu menarik animo mayarakat untuk berkunjung sekaligus berbelanja. Bahkan saat malam puncak acara, itu dibanjiri ribuan pengunjung. Menghadirkan Band berskala nasional Murpy Radio, Davy Jones, dan Band Lokal Sangatta Danska.

Baca Juga : Hadiri HUT ke 3 Thumbenska Band Kutim, Asti Beri Motivasi Bagi Kaum Pemuda

Terkait acara ini, Asti Mazar merasa senang karena aspirasinya itu mampu membantu membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kutim melalui kegiatan Local Market Sangatta.

Senyum sumringah selalu menghiasi wajahnya saat melihat animo masyarakat yang sangat antusias berbelanja di tenan-tenan yang menjual food, fashion, kuliner dan jasa lainnya.

Sebagai salah satu pembina Local Market Sangatta, Asti Mazar menyebutkan, suksesnya kegiatan ini menjadi motivasi tersendiri bagi anak-anak muda yang menunjukkan kreatifitas melalui rangkaian acara yang sangat menarik.

“Ada 54 tenan ikut di kegiatan ini, semuanya di padati pengunjung untuk berbelanja, mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk pelaku usaha supaya lebih semangat berkarya di bidang masing-masing,” ujar Asti, Sabtu (2/7/2022) malam.

Baca Juga : Asti Harapkan Kwarcab Pramuka Kutim Jadi Generasi Muda yang Tangguh dan Inovatif

Dirinya menginginkan event seperti ini jangan hanya setahun sekali, tapi bisa dia atau tiga kali dalam setahun, sepanjang ada alokasi anggaran yang tersedia.

“Saya tadi sempat berkomunikasi dengan Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, next insyaallah kalau tidak ada halangan event serupa akan digelar di Kecamatan Sangatta Selatan,” ungkapnya.

Di tempat kegiatan, salah satu peserta Local Market Sangatta, Ilham dari Trigger Sablon Sangatta yang menjual produk fashion dan jasa cetak sangat senang omzetnya naik drastis dibanding hari biasa karena antusias warga sangatta yang luar biasa berkunjung di acara sambil berbelanja.

“Ini sangat membantu kami para UMKM untuk bangkit kembali setelah terpuruk selama dua tahun ini akibat Covid-19,” ucapnya.

Khusus Trigger, kata Ilham, dalam sehari dirinya bisa meraih omzet 1,5 juta hingga 3 jutaan perhari, tentu saja ini sangat membantu kelangsungan usahanya. Selain meraih keuntungan, hal positif yang didapatnya masyarakat jadi lebih mengenal Trigger Sablon.

“Alhamdullilah dengan event Local Market ini masyarakat jadi mengetahui, kami Trigger Sablon ada di Sangatta,” kata Ilham.(adv)

Baca Juga

Back to top button