Diskominfo Kaltim

Persiapan Kontingen Kaltim pada Penas KTNA XVI, 52 Peserta Partisipasi dari Kutim

Upnews.id, SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah mempersiapkan peserta untuk mengikuti kegiatan pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023.

Nantinya, peserta ini berkompetisi sebagai bagian dari Kontingen Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 10-15 Juni 2023 mendatang.

Kepala Dinas Tenaman Pangan Holtikultura Dan Peternakan (DTPHP) Kutim Dyah Ratnaningrum mengatakan, Kutim siap mendukung kontingen Kaltim agar menorehkan prestasi di Penas KTNA XVI di Kota Padang tahun ini.

“Kutim akan membawa para petani dan nelayan terbaik yang sudah diseleksi untuk mengikuti sejumlah kegiatan. Jumlahnya ada 52 peserta utama. Sementara untuk tambahan yakni rombongan dari peninjau atau pendamping sebanyak 26 orang dan OPD terkait yang ikut berpartisipasi ada 52 orang. Jadi nanti ada rombongan dari Kutim totalnya ada 130 orang,” terangnya.

Kontingen Kaltim akan dilepas oleh Gubernur Kaltim Isran Noor pada 8 Juni 2023 mendatang di Halaman Kantor Gubernur Kaltim. Terdiri dari peserta dari kontingen provinsi dan perwakilan kabupaten/kota.

Tidak lupa, nantinya stan pameran Kaltim menggunakan tema yakni komoditas lokal Kaltim dalam mewujudkan kemandirian pangan ditambah desain latar ibu kota nusantara (IKN).

“Hal ini untuk menggambarkan keberhasilan pembangunan di Kaltim beserta dukungan pembagunan IKN. Selanjutnya juga memastikan keterlibatan seluruh peserta dari kabupaten/kota dalam setiap kegiatan seperti kegiatan temu dan tatap muka di Penas KTNA XVI di Kota Padang sehingga semua peserta dapat berperan aktif,” ulasnya

Sementara itu Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kutim Suharman, menyebutkan, Pemkab Kutim sejak Desember 2022 lalu sudah menetapkan 130 orang yang ikut Penas.

“Totalnya 130 orang terdiri dari 52 orang peserta utama, 26 peninjau dan pendamping. 52 Dari instansi terkait, seperti dari Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan Hingga Dinas Ketahanan Pangan Holtikultuta dan Peternakan,” ucap Suharman di Sangatta, Rabu, (10/05/2023).

Anggota KTNA Kutim masing-masing kecamatan masing-masing 1 orang ditambah 1 orang Dengan biaya swadaya. Suharman mengatakan, penetapan peserta yang dikirim berdasarkan Pedoman Umum (Pedum) dan Petunjuk Tekhnis (Juknis) Penas 2023.

Nantinya Kutim akan mengikuti berbagai kegiatan, salah satunya adalah akan tampil pada Lomba Asah Terampil.

Dari Kutim, kalau sesuai jadwal rombongan Penas asal Kutim akan dllepas Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman pada Jumat pagi, 9 Juni 2023 nanti.

Selanjutnya rombongan menuju Kantor Gubernur di Samarinda, untuk kemudian bergabung dengan rombongan peserta Penas dari Seluruh Kabupaten/Kota Se Kaltim.(adv/diskominfokaltim)

Baca Juga

Back to top button