Diskominfo Kaltim

Pemkab Kutim Gelar Nasional Fishing Turnamen Bupati Cup

Upnews.id, Sangatta – Guna memperkenalkan potensi dan kekayaan bawah laut yang dimiliki Kutim ke mata nasional. Pemerintah Daerah (Pemda) menggandeng Sangatta Fishing Community (SFC), menggelar Nasional Fishing Turnamen Kutai Timur 2022.

Turnamen yang diikuti oleh 340 peserta dari 68 tim, yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia itu. Bakal menjajal salah satu spot memancing terbaik di negeri ini selama 2 hari 1 malam, dari tanggal 1-2 Oktober 2022.

Menurut keterangan ketua panitia, Nasional Fishing Turnamen Kutai Timur 2022 kali ini bertajuk Bupati Cup. Dimana pihaknya membatasi peserta memancing di laut kutim dengan radius 30 mill dari TPI Pelabuhan Kenyamukan Sangatta.

Baca Juga : Wakil Bupati Hadiri Perayaan Ulang Tahun Sangatta Fishing Community

“Pesertanya dari Jakarta, Bali, Medan, Jawa, Kalimantan Timur semua daerah ikut. Ada Kaltara, Kalsel, Sulawesi dan dari Kutai Timur, satu tim diisi maksimal 5 orang,” sebut Wirawan selaku ketua panitia.

Untuk turnamen ini panitia menyiapkan total hadiah hingga Rp300 juta, dengan berbagi kategori juara. Mulai ikan terberat, spesies ikan tertentu, kapten terbaik, hingga jackpot satu buah sepeda motor bagi peserta yang berhasil mengangkat Yellof Fin Tunna minimal 30 Kg.

“Juara 1 Ikan terberat akan mendapatkan Rp50 juta, juara 2 Rp40 juta dan juara 3 Rp30 juta. Untuk kategori ikan spesies Tuna, Trevelly, Kakap, Kurisi, Kerapu, Tenggiri, masing-masing 5 juara dengan total hadiah Rp21,5 juta,” tambahnya.

Baca Juga : Kutai Timur Is Magic Land

Selain itu, panitia juga bakal memberikan hadiah kepada peserta yang merilis kembali ke laut untuk jenis-jenis ikan dilindungi, seperti hiu dan blue marline.

Dalam sambutan saat pembukaan Nasional Fishing Turnamen Kutai Timur 2022 di Pelabuhan Kenyamukan (1/10/2022). Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyebut agenda ini merupakan melanjutkan turnamen sebelumnya pernah terselenggaran namun terhenti dengan adanya pandemi.

“Ini pertama kali menyelenggarakan tingkat nasional, dengan asumsi bahwa orang Indonesia mudah-mudahan bisa mengenal perairan Kutai Timur yang memiliki spot memancing yang cukup bagus,” sebutnya.

Selain dari daerah-daerah di Indonesia, peseta kali ini juga ada yang berasal dari Malaysia. Jika tahun ini dapat terselenggara dengan baik, maka Bupati menyebut tahun depan bakal menggelar untuk tingkat Internasional.

Baca Juga : Jadwal Pertandingan Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 2022

“Mudah-mudahan semua bisa menikmati perairan Kutai Timur yang indah ini, dan memiliki spot memancing yang banyak sekali,” tambahnya.

Salah satu peserta Nasional Fishing Turnamen kali ini merupakan FKPD Kutim Fishing Community yang menjadi tim kehormatan. Terdiri dari Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang turut memeriahkan kegiatan tersebut. (An/Adv/KominfoKaltim)

Back to top button