Disdikbud Kaltim

 Disdikbud Kaltim Ingatkan Pentingnya Jaga Kelestarian Budaya

upnews.id Samarinda – Di era digitalisasi saat ini, Pelestarian kebudayaan tradisional harus terus dilakukan agar tidak terkikis dengan masifnya arus teknologi. Bahkan, seharusnya teknologi dapat dimanfaatkan untuk pelestarian kebudayaan itu sendiri.

Melihat fenomena tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Kurniawan mengatakan pemuda juga perlu berperan aktif dalam pelestarian kebudayaan tradisional.

“Anak-anak diharapkan dikenalkan dengan makna-makna atau hal yang bersifat tradisional. Karena ada hal besar bagi kami supaya hal tradisional ini tidak tergerus zaman,” ungkapnya.

Berbicara tentang teknologi, di era digital saat ini, teknologi memungkinkan untuk melihat informasi dimana saja, kapan saja, termasuk juga mempelajari kebudayaan tradisional melalui internet.

Karena itu, lanjut dia, salah satu langkah yang dapat dilakukan genarasi muda agar lebih mengenal budaya tradisional dengan cara memanfaatkan perkembangan zaman melalui teknologi.

“Semuanya dengan era keterbukaan itu mereka bisa mencari atau mendownload untuk mencari tahu lebih dalam tentang budaya tradisional,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Disdikbud Kaltim sebagai pengampu dalam dunia pendidikan tentunya juga memfasilitasi anak-anak muda untuk mengembangkan bakat dan minatnya pada kesenian tradisional.

“Kita ada bidang kebudayaan kita punya taman budaya hingga hal-hal yang berkaitan dengan budaya, di taman budaya kami terbuka memfasilitasi mereka untuk berlatih dalam mengembangkan potensinya, seperti sanggar tari,” pungkasnya. (adv/disdikbud kaltim)

Baca Juga

Back to top button