Diskominfo Kaltim

Pj Gubernur Pantau Kesiapan Pemilu di Samarinda

Upnews.id, Samarinda – Guna memastikan kesiapan penyelenggara pemilu dalam mensukseskan Pemilihan Umum serentak tahun 2024 mendatang di Kalimantan Timur, Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik bakal melakukan pengecekan kesejumlah daerah, yang diawali dari Kota Samarinda.

Pj Gubernur mengaku sangat bersyukur karena persiapan menuju Pemilu 2024 hingga saat ini berjalan baik dan lancar.

“Tadi kami sudah melihat kesiapan penyelenggaraan pesta demokrasi tahun depan. Kami berdiskusi dan semuanya berjalan baik dan lancar,” kata Akmal Malik, Selasa (21/11/2023).

Saat kunjungan itu, Pj Gubernur Akmal Malik didampingi beberapa Komisioner KPU Provinsi Kaltim dan disambut Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat. Akmal  sengaja  meninjau lebih awal kesiapan penyelenggaraan pemilu di Kaltim, khususnya Kota Samarinda.

Akmal menuturkan bawah penting juga untuk mengetahui kendala apa saja  yang dihadapi, sehingga bisa segera diatasi  agar  penyelenggaraan pemilu di Kalimantan Timur,   berjalan sukses dan lancar.

Pemprov Kaltim sendiri, lanjut Akmal, akan    membantu memberi dukungan termasuk  dukungan infrastruktur dan lainnya.

“Alhamdulillah, semua berjalan baik,  termasuk sarana dan prasarana untuk kepentingan pemilu sampai hari ini sudah  tersedia. Walaupun distribusinya belum 100 persen,   tapi sudah 40%  diterima oleh  KPU  Kota Samarinda,” kata Akmal.

Salah satu kendala yang perlu diantisipasi adalah bila pada hari  pencoblosan terjadi hujan dengan curah tinggi, hingga menyebabkan banjir di sejumlah wilayah. Saat terjadi banjir, maka minat masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pasti akan jauh berkurang.

“Makanya tadi kita minta kepada  Badan  Kesbangpol  Kaltim untuk berkoordinasi  dengan BPBD Kaltim juga BMKG,” pesan Akmal.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu meminta agar diprediksi kondisi cuaca saat pemilihan umum pada 14 Februari 2024 nanti. Jika terdapat potensi  curah hujan tinggi dan bisa menimbulkan  banjir, maka harus segera dilakukan antisipasi dengan   segera menyiapkan perahu-perahu yang nanti akan membawa  para pemilih ke TPS.

Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat menjelaskan sampai saat ini, logistik  pemilu yang sudah  diterima  ada empat item. Pertama bilik  surat suara,  tinta, segel plastik dan segel  stiker.   Semua sudah disimpan di gudang yang telah disewa sebelumnya dan sekarang tinggal menunggu surat suara,  kotak suara dan perlengkapan TPS. (Nur/An/Adv Diskominfo Kaltim)

Baca Juga

Back to top button