Headline

Kapal Muatan Batubara Tenggelam Dihempas Gelombang, 3 Penumpang Belum Ditemukan

Basarnas Kirimkan Personel Ke Lokasi Kejadian

Upnews.id – Tingginya gelombang laut di perairan Kalimantan Timur sejak beberapa hari terakhir, menyebabkan tenggelamnya kapal motor Bunga Lestari 09 di Perairan Laut Tanjung Pamerung, Desa Sepatin Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kejadian naas kapal klotok pengangkut limbah batubara dengan 6 penumpang tersebut, terjadi pada Selasa (07/12/2021) sekitar pukul 03.00 dini hari.

Berdasarkan informasi dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Melkianus Kotta, bahwa pihaknya menerima informasi pada pukul 20.15 Wita dari anggota pos polair Anggana. Bahwa terjadi laka Kapal dengan lokasi kejadian di perairan selat Samarinda dan Selat Makasar.

KM Bunga Lestari 09 yang dinahkodai oleh Sanggu yang juga sebagai juragan kapal tengah memuat 30 ton batu bara. Pada saat arah balik ke Muara Sungai, kapal terkena angin dan gelombang besar.

Peringatan Gelombang Tinggi Dan Banjir ROB Di Wilayah Pesisir

Tingginya gelombang membuat air laut masuk kedalam kapal dan menyebabkan KM Bunga Lestari 09 kehilangan kendali dan tenggelam.

Sekitar puku 09.00 Wita, 3 awak kapal yakni Darmansyah, Alam dan Ansar ditemukan oleh nelayan dalam keadaan selamat. Dan segera di evakuasi ke Klinik SPU Pertamina Hulu Mahakam untuk mendapatkan perawatan.

“tiga orang dinyatakan selamat dan tiga yang lain dalam proses pencarian,” jelas Kepala Basarnas.

Sementara itu, 3 awak KM Bunga Lestari yang lain atas nama Sanggu, Akbar dan Wawan hingga kini belum ditemukan.

Personel Unit Siaga Sar Samarinda Diberangkatkan Menuju Lokasi Untuk Melakukan Proses Pencarian (Foto : Basarnas)

Usai meneriam inforasi tersebut,Kantor Sar Balikpapan langsung memberangkatkan 6 personel, yang dilengkapi dengan rescue Dmax,Rescue Truck, Peralatan sar air lengkap, alat komunikasi dan perlengkapan medis.

“jarak dari unti sar samarinda menuju lokasi 37,48 NM, dengan estimasi waktu tiba di lokasi 2 jam,” tambahnya. (Nz)

Back to top button