Hadapi Efisiensi Anggaran, DLH PPU Komitmen Armada Dan Layanan Tetap Jadi Prioritas

Upnews.id, Penajam – Kepala DLH PPU, Safwana, menegaskan bahwa pengurangan anggaran tidak menghalangi langkah dinas dalam mempertahankan pelayanan publik yang prima, termasuk pengadaan armada pengangkut sampah.
Safwana menyebut bahwa negosiasi anggaran memang berdampak pada berbagai sektor, termasuk pada rencana pengadaan armada.
“Efisiensi anggaran ini terjadi di seluruh OPD, tidak hanya di DLH. Pengaruhnya tentu ada terhadap pengadaan unit armada pengangkut sampah,” ungkapnya.
Meski begitu, ia memastikan bahwa pengadaan tetap berjalan secara bertahap. Tahun ini, DLH PPU masih memiliki satu unit armada pengangkut sampah yang sedang dalam proses pengadaan.
“Tahun lalu kami sudah mengadakan dua unit armada. Memang kami merencanakan setiap tahun, minimal ada satu penambahan armada untuk menunjang operasional. Saat ini, dari total armada yang kami miliki, hanya 17 unit yang benar-benar masih layak pakai,” jelasnya.
Safwana juga menjelaskan bahwa keterbatasan jumlah armada menyebabkan beban kerja menjadi tidak merata. Sering kali, satu tim harus melakukan pengambilan sampah hingga tiga kali dalam satu hari.
“Seandainya armada kami cukup, maka distribusi kerja bisa lebih efisien. Tim yang lain bisa membantu di wilayah berbeda, sehingga petugas tidak kelelahan,” tambahnya.
Ia menyoroti wilayah Sepaku sebagai salah satu daerah yang memiliki tantangan tersendiri karena jaraknya yang cukup jauh dan cakupan wilayahnya yang luas.
“Alhamdulillah, petugas kami sudah mulai bekerja sejak pukul enam pagi, khususnya di wilayah Sepaku. Mereka sudah standby di lokasi karena memang tuntutan operasional mengharuskan demikian,” ujarnya.
Sementara itu terkait dengan tenaga kerja, Safwana menyampaikan bahwa tidak ada penambahan personel di tahun ini.
“Jumlah personel tetap, tidak berubah. Kami tetap menjalankan operasional dengan jumlah petugas yang ada saat ini,” katanya.
Ia juga menekankan pentingnya optimalisasi kinerja dengan sumber daya manusia yang ada agar pelayanan tetap maksimal. (adv/dr/yu)