Upnews

Duta Budaya Asal Kutim Raih Juara Fotogenik di Tingkat Nasional

Upnews.id, SANGATTA – Duta Budaya dari Kutai Timur menjadi salah satu perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia di Bengkulu.

Kegiatan yang digelar mulai 1 sampai 5 November 2023 itu membuahkan hasil, Duta Budaya dari Kutai Timur berhasil meraih juara kategori fotogenik.

Awalnya, Duta Budaya Kutai Timur atas nama Agatha Dera Fiorentina berpasangan dengan Duta Busaya Paser atas nama Rohman Hidayat menjadi perwakilan Duta Budaya Kaltim di tingkat nasional.

“Ini kegiatan lanjutan dari pemilihan Duta Budaya Kaltim tahun 2022 selama 1 tahun, Duta Budaya Putri Kutim berpasangan dengan Duta Budaya Putra Paser, tahun ini mereka mewakili Kaltim di tingkat nasional,” ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kutim, Padliansyah, Rabu (8/11/2023).

Dimana kegiatan tersebut, mulai tanggal 1 sampai 4 November 2023, peserta Pemilihan Duta Budaya Indonesia diberikan pelatihan-pelatihan dan penilaian.

Lalu, di malam puncak tanggal 4 November 2023 diadakan Grand Final Pemilihan Duta Budaya Indonesia di tahun kedua pelaksanaan.

Lebih jauh, hebatnya, di tahun pertama pelaksanaan Pemilihan Duta Budaya Indonesia, putra budaya Kaltim mendapat juara 1 dan terulang kembali di tahun ini putra budaya Kaltim mendapat juara 1 sebagai Putra Budaya Indonesia 2023.

Tak hanya itu, putri budaya Kaltim yang mana asalnya dari Kutai Timur juga menjadi pemenang kategori fotogenik.

“Duta Budaya Kaltim di ajang nasional memamerkan busana-buaa khas Kaltim, mulai dari batik wastra dari Kutim, baju khas dari Paser, pakaian adat Dayak, dan lainnya,” jelasnya.

Melihat hal itu tentunya pemerintah kabupaten (Pemkab) Kutim tidak menutup mata.

Dimana, ia akan meminta agar putri budaya Kutai Timur yang menang dalam kategori fotogenik bakal diberikan apresiasi khusus.

“Masih dibicarakan dan akan disesuaikan dengan kebutuhan anaknya, saat ini belum pulang karena yang menang masih harus tinggal di Bengkulu, mungkin nanti bisa dibantu beasiswa kuliahnya,” pungkasnya.(adv)

Baca Juga

Back to top button