Kutai TimurPolitik

Faizal Kecewa, Operasi Telah Berjalan Tapi Tak Ada Manajeman Kobexindo Di Lapangan

Upnews.id, Kaliorang – Kekecewaan juga datang dari politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Faizal Rachman saat melaksanakan sidak ke lokasi operasi PT. Kobexindo Cement di Desa Selangkau Kecamatan Kaliorang.

Pasalnya, Pemerintah memberikan izin operasi pabrik semen ke PT. Kobexindo Cement. Namun nyatanya di lapangan, tidak ada satu orang pun manajeman Kobexindo, meskipun kegiatan telah berjalan. Justru yang ada Tenaga Kerja Asing (TKA) dari PT. Hongsi.

“Terus terang agar sedikit kecewa ya, tidak ada yang bisa menjelaskan ke kita. Perusahaan ini kan sudah beroperasi masa tidak ada yang bisa menjelaskan terkait perizinan-perizinannya,” tanya Faizal dengan kecewa.

Tak Temui Manajeman Kobexindo, Agusriansyah Bakal Koordinasi Dengan Dinas Terkait

“Mau tau izin-izinya tadi, apakah ini sudah sesuai?. Makanya ada teman2 dari PTSP, izinya sudah lengkap belum? aktivitasnya kan menggali semua. Membabat hutannya apakah izin penebang pohonya sudah diurus, karena membuka lahan hutan kan. Ya kita gak paham. PTSP juga g bisa menjelaskan, kami punya izin operasinya aja katanya,” jelas Ketua Komisi B DPRD Kutim yang salah satu bidang tugasnya mengenai kehutanan.

Faizal Rachman Tak Dapatkan Jawaban Terkait Persoalan Yang Ditemukan Di Lapangan

Lataran tidak ada manajeman PT. Kobexindo di lapangan, Dewan tidak bisa mengkroscek isu banyak TKA di lokasi. Termasuk menyandingkan data yang diperoleh dari Imigrasi yang menyebut hanya 13 orang TKA yang memiliki izin kerja, sedangkan perusahaan menyebut ada 28 orang.

Belum lagi terkait lingkungan, berasarkan keterangan PTSP 2 KM dari bibir pantai tidak dapat dikelola. Sedangkan faktanya, lokasi operasi sangat dekat dengan pantai bahkan telah dibuka.

Namun sayang, beragam temuan anggota DPRD Kutim pada 10 Juni 2021 yang lalu di lapangan. Tidak ada yang bisa memberikan keterangan apapun. (nz)

Baca Juga

Back to top button