Kaltim

Dukung Pembangunan IKN, Kemenaker RI Bangun Pelatihan Terhadap Peningkatan SDM

Upnews.Id, PPU- Sebanyak 144 warga Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), diberikan pelatihan pengembangan keterampilan kerja berbasis kompetensi seiring pembangunan ibu kota negara Indonesia baru bernama Nusantara.

Pelatihan bertujuan menyiapkan dan membangun SDM (sumber daya manusia) lokal menurut Pelaksana tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa, agar dapat menyambut peluang kerja di IKN Nusantara.

“Pembangunan ibu kota negara Indonesia baru pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur mulai dilaksanakan,” jelasnya melalui laman resminya, Minggu (31/7/2022) siang.

Ia menambahkan, pelatihan berbasis kompetensi tersebut merupakan peluang SDM lokal tingkatkan kompetensi dalam mempersiapkan diri bersaing dalam dunia kerja yang ada di IKN Nusantara.

Pengembangan potensi dan kompetensi sebagai modal serta kesiapan masyarakat lokal sangat diperlukan, sebab ada peluang kerja yang besar dan banyak persaingan kerja dengan bertambahnya pendatang.

“Masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara harus menangkap peluang kerja dengan keberadaan IKN Nusantara tegas dia, jangan sampai menjadi penonton di rumah sendiri,” terangnya.

Pelatihan berbasis kompetensi yang digagas Kementerian Ketenagakerjaan tersebut merupakan pelatihan tahap dua, sedangkan pelatihan tahap satu telah dilaksanakan pada 4 sampai 31 Juli 2022,” tambahnya.

Pelatihan yang diberikan antara lain pengecatan, barista, pembuatan kue dan roti, hidroponik, sablon atau digital printing, pembuatan batik tulis, operator mesin pengeruk (ekskavator) serta operator truk jungkit/truk pembuang (dumb truck).

Diharapkan masyarakat di kecamatan lainnya di daerah berjuluk “Benuo Taka” itu juga mempersiapkan diri mengembangkan potensi daerah untuk menyangga ibu kota negara Indonesia baru.

“Potensi daerah yang dapat menunjang IKN Nusantara jelas Hamdam Pongrewa, di antaranya sektor pertanian, perikanan tangkap dan budidaya serta banyak potensi lainnya,” tandasnya.(Tsn/ADV/Kominfokaltim)

Baca Juga

Back to top button