Diskominfo KutimKutai Timur

Bupati Kutim Hadiri Kegiatan Program Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

Upnews.id, Sangatta- Program ketahanan pangan dan pencegahan stunting lewat program Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menghadiri Festival Pangan Lokal, Lomba Cipta Menu B2SA. Acara ini kerja sama antar Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Penggerak PKK Kutim. Berlangsung di Gedung Serbaguna Bukit Pelangi, Selasa (11/7/2023).

“Di beberapa belahan dunia saat ini mengalami kiris pangan, energi dan ekonomi. Kita bangsa Indonesia khususnya di Kutai Timur (Kutim) masih aman. Untuk itu, mari kita manfaatkan lahan dan pekarangan untuk memenuhi keperluan sehari-hari kita,” ajak Bupati Kutim

Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menginisisasi terlenggaranya Festival Pangan Lokal dan Lomba Cipta Menu B2SA ini. Kegiatan seperti ini sangat penting berkaitan dengan pencegahan stunting dan kemandirian pangan lokal.

“Kelihatannya sederhana, tetapi kegiatan seperti ini penting dan menunjukkan sikap keseriusan kita dalam mengantisipasi krisis pangan dan pencegahan stunting,” ujar Ardiansyah.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 16 kecamatan dengan kategori lomba dibagi dua. Pertama menu untuk ibu hamil dan kedua menu bekal untuk remaja putri.

Ketua Tim Penggerak PKK Kutim Siti Robiah menjelaskan bahwa program B2SA adalah penganekaragaman (diversifikasi) bahan pangan. Sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang, dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan. Pastinya tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan festival pangan lokal dan lomba cipta menu B2SA ini adalah perubahan orientasi. Kalau dulu ada anggapan jika makan belum dengan nasi belum kenyang. Sekarang diubah kenyang tanpa nasi. Selama ini karbohidrat peroleh dari nasi sekarang bisa diganti dengan umbi- umbian, jagung dan sagu,” jelasnya. (Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button