HeadlineKutai Timur

Dari Warga Hingga Camat, Apresiasi Vaksinasi Gelaran BINDA Kaltim

BINDA Kaltim Sasar 1600 Warga Kutai Timur

Upnews.id, Sangatta – Masyarakat Kabupaten Kutai Timur khususnya yang berada di wilayah 3 Kecamatan, yakni Teluk Pandan, Sangatta Selatan dan Sangatta Utara. Menjadi sasaran vaksinasi dari Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Provinsi Kalimantan Timur.

Secara keseluruhan, BINDA Kaltim menargetkan 1600 dosis untuk Masyarakat Kutim pada bulan Desember 2021 ini.

Pada tahap awal, sebanyak 500 dosis diperuntukan bagi masyarakat Kecamatan Sangatta Selatan. Yang digelar pada hari ini, Senin (06/12/2021) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Sangatta Selatan.

Menurut keterangan Kepala BINDA Kaltim Brigjen TNI Danny Koswara, melalui Bagus selaku Koordinator Vaskinasi Covid-19 BINDA Kaltim wilayah Kutai Timur. Jika pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kutim dalam pelaksanaanya.

Sebagian Wilayah Sangatta Selatan Terendam Banjir, Kapolsek Minta Masyarakat Waspada Buaya

Adapun vaksin yang diberikan yakni jenis Astra Zeneca dan Sinovac dengan sasaran seluruh masyarakat, baik untuk dosis pertama maupun yang kedua.

“Untuk Kabupaten Kutai Timur kita ditargetkan sebanyak 1600 sasaran, dibagi dalam 3 sektor. Yakni Sangtta Utara, Sangatta Selatan dan Teluk Pandan. Target masing-masing 500 sasaran dengan dua jenis vaksin,” jelasnya.

Dengan adanya dua jenis vaksin tersebut, BINDA Kaltim menargetkan dapat menyasar seluruh kalangan masyarakat, baik lansia, pelajar, maupun umum.

Camat Sangatta Selatan Vita Nur Hasanah Apresiasi Atas Kuota Vasksinasi Dari BINDA Kaltim
Camat Sangatta Selatan Vita Nur Hasanah Apresiasi Atas Kuota Vasksinasi Dari BINDA Kaltim (Foto : Upnews.id)

Setelah dari Sangatta Selatan, BINDA Kaltim akan menyasar masyarakat Kecamatan Sangtta Utara. Yang bakal digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan pada Selasa (07/12/2021). Dirinya menghimbau, bagi masyarakat yang belum divaksin untuk datang dengan hanya membawa KTP serta menggunakan masker.

“Program 2021 sudah berjalan dimasing-masing Kabupaten – Kota di Kaltim. Dan selanjutnya untuk bulan ini sasaran BINDA Kaltim yakni Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu dan Berau,” tambahnya.

Tes Urin Dadakan, Seluruh Pegawai BKPP Dinyatakan Negatif Narkoba

Adanya vaksinasi dari BINDA Kaltim diapresiasi oleh Camat Kecamatan Sangatta Selatan Vita Nur Hasanah. Menurutnya, meskipun masyarakat diwilayahnya capaian vaksinasi telah melebihi 50%, namun untuk sasaran lansia masih kurang.

Dengan adanya vaksinasi hari ini, harapannya dapat mendongkrak partisipasi untuk lansia. Terutama lansia yang berada di Desa Sangatta Selatan, baik yang dosis pertama maupun kedua.

“Alhamdulilah animo masyarakat Sangatta Selatan itu luar biasa, sehingga dari 500 sasaran itu bisa memenuhi target. Dari 1600 target, terimakasih kepada BINDA Kaltim, kami di Sangatta Selatan mendapatkan 500 dosis. Dari 500 itu kita bagi 200 dosis untuk vaksin pertama dan 300 dosis untuk kedua,” jelas ibu Camat, yang baru dilantik pada 25 Oktober 2021 yang lalu.

Jelang Natal, Setiap Gereja Diminta Buat Satgas Prokes

Salah satu masyarakat Sangatta Selatan yang sangat terbantu dengan adanya vaksinasi dari BINDA Kaltim yakni H. Adeng yang kini telah berusia 76 tahun. Menurutnya, dengan lokasi yang dekat rumah sehingga dirinya bisa datang sendiri ke lokasi vaksin.

H. Adeng Lansia Sangatta Selatan Yang Rela Datang Sendiri Ke Lokasi Vaksinasi Garapan BINDA Kaltim (Foto : Upnews.id)

“Divaksin tidak apa-apa, enak saja, tidak sakit. Mau sendiri ikut vaksin, barusan tau disini ada vaksin,” tutup pria paruh baya dengan terbata-bata. (Nz)

Baca Juga

Back to top button