Diskominfo Kukar

Permudah Layanan Administrasi Masyarakat, Pemdes Kersik Terapkan TRansformasi Digital

Upnews.id, Tenggarong- Sejak tahun 2022, Pemerintah Desa Kersik, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara sudah menjalankan transformasi digital.

Masyarakat kini semakin dimudahkan dengan berbagai pelayanan administrasi digital yang bisa diakses melalui website desa.

Bahkan Kepala Desa (Kades) Kersik, Jumadi menyebut bahwa website tersebut sudah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemKominfo) RI.

“Alhamdulillah, dengan transformasi digital ini memudahkan pelayanan dan mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat,” kata Jumadi, Senin (10/4/2023).

Untuk digitalisasi desa, ada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang fungsinya sebagai penggerak dan mengkoordinir berjalannya digitalisasi desa.

Selain itu, KIM juga bertugas untuk mensosialisasikan transformasi digital desa yang bisa diakses di laman website Desa Kersik dapat dilihat di website kersik.desa.id.

Jumadi menyebutkan, kemudahan pelayanan ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat desa. Hanya saja, masih ada masyarakat yang tidak mengerti cara penggunannya.

Namun, kata Jumadi, tak perlu khawatir. Masyarakat yang kerepotan untuk mengkases website desa masih bisa dilayani secara manual.

Menurutnya, Pemerintah Desa Kersik telah menawarkan beberapa kemudahan dan keunggulan dengan website ini.

Di antaranya, masyarakat bisa mengakses kapan saja dan dimana saja, serta mencetak dokumen yang diperlukan secara mandiri.

“Jadi semua tingkatan masyarakat bisa terlayani,” tuturnya.

Jumadi berencana, ke depan bakal ada penambahan terkait beberapa item, seperti pasar digital dan kontrol keamanan wisata bagi para pengunjung Pantai Biru Kersik.

Perkembangan atau penambahan transformasi tersebut akan dilakukan secara bertahap. Pemerintah Desa akan lebih dulu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) warga Desa Kersik. (adv)

Baca Juga

Back to top button