Kutai Timur

Lanal Sangatta Gelar Khitanan Masal Hari Kesehatan TNI AL

Anak-Anak Yang Tinggal Di TPA Batota Menjadi Salah Satu Sasaran

Upnews.id, Sangatta – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut (AL), Lanal Sangatta menggelar Khitanan Masal. Agenda yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sesuai arahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, guna membantu masyarakat yang terdampak secara langsung oleh pandemi Covid-19.

Untuk Lanal Sangatta, pelaksanaan dipusatkan di Klinik Pratama Jalamedika atau Balai Pengobatan Lanal Sangatta, Kompleks Perumahan Dinas TNI AL Dewa Ruci, Jl. Soekarno-Hatta, Sangatta-Kutai Timur, pada hari ini Sabtu (09/10/2021).

Menurut keterangan Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi melalui Palaksa Lanal Sangatta, Mayor Laut (P) Herwanto. Agenda yang rutin digelar setiap tahun itu, kali ini hanya dibatasi sebanyak maksimal 25 peserta yang berasal dari wilayah kerja Lanal Sangatta, mulai dari perairan Bontang hingga Tanjung Mangkalihat Kutai Timur.

“Kita ingin membantu meringankan masyarakat, terutama yang terdampak secara langsung Covid-19. Untuk pelaksanaan ini gratis, dan seluruh pengobatan pasca khitanan hingga sembuh bakal ditanggung oleh Lanal,” jelasnya.

Salah satu sasaran yakni anak-anak yang berasal dari keluarga yang selama ini tinggal di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batota. Niat baik dari Lanal itu pun disambut antusias oleh orang tua yang dengan kesadaran mengantarkan anaknya untuk di Khitan.

“Alhamdulilah kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat yang tinggal di TPA Batota, lantaran keterbatasan waktu dan tenaga medis kami hanya membatasi maksimal 25 anak,” imbuhnya.

Diketahui, selain kegiatan khitanan masal. Lanal Sangatta selama ini juga rutin menggelar berbagai kegiatan sosial. Mulai dari pengobatan gratis, vaksinasi masyarakat pesisir, hingga anjangsana dan penyerahan bantuan ke Pesantresn Daarus Sholah yang terbakar bertepatan pada HUT TNI 5 Oktober lalu. (nz)

Baca Juga

Back to top button