Diskominfo KutimKutai Timur

Wabup Kutim Buka Mubes Temengan Iwan Lepoq Tepu VII

Upnews.id, Telen – Kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) Temengan Iwan Lepoq Tepu ke VII yang digelar oleh Suku Lepoq di Desa Rantau Panjang Kecamatan Telen, Kutim, Rabu (6/7/2023). Wakil Bupati Kutai Timur (Wabup Kutim) Kasmidi Bulang turut hadir sekaligus membuka acara tersebut.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang mengapresiasi Suku Dayak Lepoq Tepu, sebab sampai saat ini masih bisa melestarikan kebudayaan yang ada.

“Patut kita apresiasi ini, kegiatan ini untuk mempersatukan kembali yang terpisah-pisah yang tersebar di Kaltim, Kaltara dan daerah lainnya,” ujarnya.

Ia berharap silaturahmi itu terus terjalin. Walaupun lokasi bermukim yang berbeda-beda, tetapi bisa menjaga kebersamaan.

“Ini menjadi suatu dukungan bagi Pemkab Kutim dalam membangun,” ucapnya.

Mubes yang digelar selama enam hari, mulai Rabu (4/7/2023) hingga Minggu (9/7/2023) ini diikuti masyarakat Suku Dayak Lepoq Tepu se-Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Utara (Kaltara) dan Malaysia. Selain Wabup Kutim hadir dalam pembukaan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Adminitrasi Umum dan HAM Roma Malau, Camat Telen Petrus Ivung, Anggota DPRD Kutim Yan Ipui dan Arang Jau, Kepala  LADK Kaltim Ajang Kedung, Kepala Adat Besar se-Sungai Telen Martin Langet, Tokoh Masyarakat Temengan Iwan,  Kepala Adat se-Kecamatan Telen, Kepala Desa se-Telen dan tamu undangan.

Ketua Kerukunan Temengang Iwan Lepoq Tepu Kutim Yan Ipui menyebut Mubes adalah hal yang rutin dilaksanakan dalam pergantian pengurus.

“Namun yang paling penting dalam hal ini, kita ingin terus meningkatkan silaturahmi di antara kita dan memperkenalkan anak-anak akan budaya kita ini,” ucap Yan.

Yan menambahkan, tujuan utama Mubes Temengan Iwan Lepoq Tepu adalah mempererat tali silaturahmi, menjalin keberasamaan, merajut kasih di antara Suku Lepoq Tepu.

“Dan kita ingin memberikan motivasi kepada seluruh warga Suku Lepoq Tepu untuk menyambut IKN di Kaltim,”singkatnya.(Nt/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button