Diskominfo Kaltim

Pemprov Kaltim Dampingi Menteri dan Kepala Otorita Peringati Nuzulul Quran di IKN

Upnews.id, BALIKPAPAN – Peringatan Nuzulul Qur’an untuk pertama kalinya digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (13/4/2023).

Acara dihadiri Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Forkopimda Kaltim dan para tokoh lintas agama, tokoh adat, serta pimpinan organisasi keagamaan dan pemuda di sekitar IKN.

“Peringatan Nuzulul Qur’an ini menjadi momen bersejarah. Karena yang pertama kali digelar di IKN. Ini juga momentum yang sangat baik bagi Indonesia untuk merawat keberagaman. Merawat nusantara,” kata Mahfud MD.

Secara khusus mantan Ketua MK itu memberi pujian atas sukses penyelenggaraan peringatan Nuzulul Qur’an di IKN, sekaligus bukti nyata kedamaian yang tersaji indah di Bumi Kalimantan Timur dengan kehadiran para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam acara tersebut.

“Di sini sangat damai. Bahkan suara imam salat tarawih tadi tidak kalah indahnya dari imam Masjidil Haram, Syekh Abdurrahman as Sudais,” puji Menko Mahfud.

Staf Ahli Gubernur Bidang SDA, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Christianus Benny hadir mewakili Gubernur Kaltim dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah semua rangkaian acara berjalan lancar. Pak Menko Mahfud banyak menitipkan pesan tentang pentingnya kerukunan, kedamaian dan persatuan bangsa,” ungkap Christianus Benny.

Acara juga diisi tausiah oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nazaruddin Umar.

Tausiah mengupas penguatan niat merawat keberagaman nusantara sesuai tema yang diusung yaitu “Nuzulul Qur’an Momentum Merawat Kerukunan Umat”.

Peringatan Nuzulul Qur’an dilaksanakan di Masjid Al Ikhwan yang berada di sekitar hunian para pekerja konstruksi IKN.

Jumat pagi ini, Menko Mahfud MD dan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono kembali ke Jakarta. Mewakili Wakil Gubernur, Staf Ahli Gubernur Bidang SDA, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat Christianus Benny mengantar kepulangan mereka melalui VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. (adv/diskominfo kaltim)

Baca Juga

Back to top button