HeadlineKutai TimurRagam

Harlah NU ke 94, GP Ansor Kutim Gelar Donor Darah

Upnews.id, Sangatta – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU) ke 94 tahun 2020. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kutai Timur menggelar berbagai kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, salah satunya donor darah

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (1/2) itu, diikuti oleh puluhan masyarakat dari berbagai ormas, TNI-Polri, serta seluruh Lembaga atau Badan Otonom dibawah naungan NU.

Menurut keterangan Zainul Arifin selaku Ketua Umum Gerapkan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kutai Timur, diadakannya donor darah lantaran selama ini Ansor melihat Palang Merah Indonesia (PMI) Kutai Timur kadang kala kekurangan stock darah.

“Yang jelas, disamping ini bagus bagi kesehatan pendonor. Kami (Ansor) juga melihat PMI sering kekurangan stock darah, sehingga kami mengambil peran nyata ini,” Jelas Zainul.

Zainul juga mengaku tidak menargetkan jumlah kantong darah yang terkumpul, lantaran tidak semua pendonor lolos tes kesehatan. Diketahui, Ansor merupakan salah satu organisasi di Kutai Timur yang rutin menggelar kegiatan sosial salah satunya donor darah ini.

“Selain dalam rangka Harlah NU ke-94, kami juga akan kembali menggelar donor darah pada Harlah GP Ansor ke 86 pada bulan April mendatang,” Ujarnya.

Dihari lahirnya NU ke-94, Zainul berharap PCNU Kutim tetap bisa mewarnai keadaan dimasyarakat serta jadi penyeimbang. Dan yang tak kalah penting tetap solid mengamalkan amalan ahlusunah wal jama’ah, yang dibarengi dengan setiap Banom aktif  dalam kegiatannya.

Sementara itu, Ketua Umum PCNU Kutai Timur H. Irawansyah yang juga Sekretaris Daerah Pemkab Kutim, saat meninjau kegiatan donor darah berharap, agar kegiatan positif semacam ini dapat terus dilanjutkan dihari-hari selanjutnya. Baik itu oleh Ansor maupun diselenggarakan oleh Banom NU yang lainnya.

Ketua PCNU Kutim Irawansyah Donor Darah

“Mudah-mudahan kegiatan kemanusiaan dalam rangkaian Harlah NU ke 94 ini, dapat bermanfaat untuk siapapun yang membutuhkannya. Kita sebagai sesama manusia wajib saling tolong menolong melalui donor darah dan kegiatan lain,” Ujar Irawan.

Selain di Sangatta, PCNU Kutim juga menggelar Tabligh Akbar dan Istighotsah Kubro bersama Habib Umar Muthohar di Kecamatan Kaliorang. Sebelumnya, rangkaian Harlah NU diawali dengan Ruqyah Massal, Penanaman Pohon dan Bakti Sosial.

Ketua PCNU Kutim berharap pada moment Harlah ini, dapat mempererat talisilaturahmi sesame muslim serta terutama antar anggota NU, begitu juga dengan badan otonom dibawahnya.

“Sesuai dengan kiprah NU untuk menjaga keimanan masyarakat. Serta untuk mengatasi paham radikal dan sebagainya, yang bisa merusak dan merongrong negara kita,” Tutup Irawansyah. (nz)

Back to top button