Kutai TimurPolitik

Joni Sebut Sangsaka Bisa Dijadikan Poros Maritim Kutai Timur

Upnews.id, Sangatta – Saat mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di zona Sangsaka (Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, Karangan dan Kaubun). Ketua DPRD Kabupaten Kutai Timur Joni,S.Sos, menyadari betapa strategisnya daerah 5 Kecamatan ini.

Saat dihubungi via telepon seluler, Joni yang juga Sekjend DPC PPP Kutim ini menjelaskan, jika Sangsaka cocok menjadi poros maritim Kutai Timur. Sebagai upaya mewujudkan perekonomian penyangga Kabupaten, dengan mengoptimalkan pembangunan sarana dan prasarana utama, serta pendukung perekonomian maritime.

“Sekalipun ada kekurangan disana-sini pada realisasi di lapangan, ide dan konsep pembangunan di Sangsaka harus terarah pada ide Sangsaka sebagai poros maritim Kutim, pada perumusan kebijakan di penyelenggara pemerintahan,” jelas Joni.

Joni memaparkan, pengembangan poros maritim dengan pembangunan sarana dan prasarana, serta konektivitas maritim dengan jalan. Selain itu dapat berupa bantuan alat tangkap nelayan di daerah pesisir Kutim, serta promosi pariwisata maritim. Ditengah anggaran daerah yang dilanda deficit, pengembangan dapat dilakukan dengan cara bertahap dan spesifikasi konsep pembangunan.

Sangsaka merupakan daerah pesisir yang menjadi fokus pemerintahan sebelumnya, dengan sektor ekonomi maritim sebagai pusatnya. Terlebih daerah Sangsaka secara geografis dekat dengan kepulauan Sulawesi, sehingga sering terjadi lalu lintas perdagangan.

“Sangsaka berada dekat dengan pulau Sulawesi, ini baik untuk kita ambil peluang secara ekonomi supaya masyarakat di Sangsaka bisa maju ekonominya,” imbuhnya.

Ketika ditanya terkait APBD yang kurang, Joni menegaskan harus ada spesifikasi penggunaan APBD untuk penggunaannya, agar semua bisa berjalan dengan baik.

“APBD kita memang mengalami penurunan, ini wajar saja. Tapi diperlukan spesifikasi dan klasifikasi penggunaannya. Kita perlu membangun, kita perlu perhatikan belanja pegawai dan TK2D, kita perlu membayar hutang. Dan yang jelas untuk visi misi pemerintahan juga perlu dioptimalkan, saya rasa ini bisa dilakukan asal seperti yang saya katakan tadi,” tutup Joni. (ck)

Baca Juga

Back to top button