Diskominfo Kukar

Majukan Potensi Sektor Pariwisata, Tepi Danau Desa Semayang Bakal Dibangun Penginapan

Upnews.id, Tenggarong- Dinas Pariwisata Kaltim memberikan bantuan pembangunan penginapan di tepi danau Desa Semayang, Kecamatan Kenohan, Kutai Kartanegara.

Nantinya, penginapan ini akan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Semayang dengan tujuan untuk memajukan potensi sektor pariwisata desa.

Kepala Desa Semayang, Isra mengatakan bahwa selain membangun penginapan, Pemerintah Desa Semayang juga membangun fasilitas pendukung lainnya pada tahun ini.

“Saat ini sedang dibangun enam unit bangunan penginapan,” ujarnya, Sabtu (6/5/2023).

Di antaranya, wahana banana boat dan kapal wisata yang sudah tersedia, serta potensi lain yang masih terus akan dikembangkan.

Menurut Isra, Desa Semayang sering dikunjungi wisatawan lokal di hari libur, terutama untuk memancing di Danau Semayang.

Sebab itu, Pemerintah Desa terus berupaya mengembangkan potensi wisata di Desa Semayang dengan dukungan penuh dari Dinas Pariwisata Kaltim.

“Desa Semayang dan desa sekitarnya berlomba-lomba mengembangkan potensi wisata di sekitar ketiga danau,” kata Isra.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kaltim melaksanakan Festival 3 Danau di Desa Semayang.

Festival tersebut berhasil masuk nominasi pada ajang Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 dengan kategori regular.

Festival 3 Danau mengangkat seni budaya dan keberlanjutan lingkungan (ekowisata) di kawasan 3 danau terbesar di Kaltim, yakni Danau Semayang, Danau Melintang, dan Danau Jempang. (adv)

Baca Juga

Back to top button