Nasional

KPC Borong Penghargaan di ISDA 

Upnews.id, Jakarta-PT Kaltim Prima Coal (KPC) borong 18 penghargaan di ajang Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) tahun 2022, Bertempat, di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022).

Penghargaan diterima oleh Komisaris KPC RA Sri Dharmayanti mewakili Presiden Direktur KPC dan PT Bumi Resources Tbk. ISDA 2022 dibuka secara virtual oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Adapun perhargaan yang diterima 12 penghargaan dari program lingkungan dan ekonomi, 3 penghargaan kategori individu dan tiga penghargaan sebagai The Most Committed Companies in (Economy, Social and Environmental) pillars. Pada kategori individu, Chief Operating Officer (CEO) KPC Ashok Mitra, diapresiasi sebagai Top Leadership Corporate in Sustainable Development.

Wapres KH Ma’ruf Amin dalam sambutan menggarisbawahi agar ISDA 2022 ini bukan semata ajang selebrasi, tetapi sebagai upaya perusahaan dan perorangan mencapai Sutainable Development Goals (SDGs). Menginspirasi berbagai pihak dengan pendekatan holistik dan memperhatikan berbagai aspek SDGs melalui CSR yang juga menyentuh internal dan eksternal perusahaan. Menyasar masyarakat miskin sehingga dapat mencapai SDGS pada waktunya 2030.

Selain Wapres, turut hadir Martin Neureiter sebagai SGN (Stakeholder Global Network) Expert, selaku liaison ISO 26000. Pada kesempatan ini Martin menyampaikan bahwa tantangan saat ini adalah soal waktu pencapaian kita bersama di 2030. Di tengah volatilitas kondisi global. Bukan perkara menang atau tidak, di ajang ini membuktikan pentingnya sustainability di dalam agenda kerja bersama untuk memberikan solusi di seluruh dunia dan memberi manfaat bagi umat manusia di bumi ini.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Corporate Forum for CSR Development (CFCD), yang telah memberikan penghargaan dan kepada seluruh stakeholders yang mendukung kelancaran program KPC.

Menurut Wawan, penghargaan itu membuktikan bahwa program CSR KPC sudah berjalan sesuai standar dan norma Internasional dan dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat. “Penghargaan ini membuktikan, program CSR KPC sudah bagus, sesuai dengan standar dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar tambang,” kata Wawan.

Untuk diketahui, 18 penghargaan yang diterima KPC, antara lain The Most Committed Companies in Economy, The Most Committed Companies in Social and The Most Committed Companies in Environmental Pillars dan Top Leadership Corporate in Sustainable Development yang diberikan kepada CEO KPC Ashok Mitra.

Untuk kategori lingkungan, ada tiga penghargaan berupa satu Platinum untuk program pemanfaatan abu batubara sebagai lapisan penudung material asam di area reklamasi dan dua Gold, untuk program konfigurasi kolam solusi cerdas cegah pencemaran dan tingkatkan produksi pangan serta program menyelaraskan pelestarian keanekaragaman hayati hutan Wehea dengan kepentingan masyarakat dan kegiatan reklamasi KPC.

Untuk kategori ekonomi, meraih lima Platinum dari program ayam petelur, pembangunan infrastruktur Posyandu, program pemagangan mekanik alat berat, implementasi hubungan industrial harmonis dalam Forum Lembaga Kerja Sama Bipartit dan program mitigasi COVID19 di KPC. Selain itu meraih empat Gold, dari program Koperasi Insan Tangguh Sejahtera (KITS), program Kesama (kelola sampah bersama) di Bengalon, air bersih Spamdes di Rantau Pulung dan program beasiswa khusus  ‘Mengabdi untuk Kaltim’.

Selain mengajukan nominasi untuk program CSR, KPC juga mengajukan local hero, yakni individu yang berpengaruh sebagai inspirator dan motivator. Kali ini KPC mengajukan Ketua KITS Nafisatul Muawanah dan berhasil keluar dengan kategori Terbaik 1 sebagai Local Hero. Sementara kategori mitra perusahaan, diraih oleh Nurdiana, PPL Dinas Perikanan dan Kelautan sebagai Terbaik 2.(NF)

 

Baca Juga

Back to top button