Diskominfo Kukar

Bappeda Kukar Libatkan Peneliti UGM Kaji Analisis Pembangunan Pertanian Berbasis Kawasan

upnews.id TENGGARONG- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Kartanegara (Kukar),libatkan tim peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, untuk mengkaji penelitian terkait analisis pembangunan pertanian berbasis kawasan di Kukar.

Untuk itu, Plt Kepala Bappeda Kukar, Syarifah Vanesa Vilna pada hari Senin (30/10/2023)
mengatakan, Pemkab Kukar telah menetapkan lima kawasan pertanian berbeda di Kukar sebagai lokasi pertanian terpadu.

“Lima kawasan pertanian yang ditetapkan adalah Kecamatan Marangkayu, Sebulu-Muara Kaman, Tenggarong-Loa Kulu, Tenggarong Seberang I dan Tenggarong Seberang II,” sebutnya.

Dirinya menyebutkan, Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk menilai tingkat kelayakan usaha pertanian di kelima kawasan tersebut.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan data hasil penelitian yang akurat, Bappeda dan tim peneliti UGM memfokuskan tiga kecamatan sebagai lokasi sampel penelitian pilot project pertanian terintegrasi berbasis kawasan.

“Tiga kecamatan tersebut adalah Sebulu-Muara Kaman, Tenggarong-Loa Kulu dan Tenggarong Seberang,” jelasnya.

Kemudian, Ketua Tim Peneliti dari UGM, Alia Bihrajihant Raya, menjelaskan bahwa pertanian terintegrasi berbasis kawasan memiliki banyak keunggulan.

Salah satunya adalah luasnya wilayah pertanian pangan dan hortikultura di Kukar, yang memungkinkan program ini mencapai tujuannya sebagai lumbung pangan Provinsi Kalimantan Timur dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kawasan pertanian terintegrasi di Kukar memiliki nilai strategis dan mampu memenuhi kebutuhan pangan di Kaltim dan IKN,” sambungnya.

Konsep Pertanian terintegrasi berbasis Kawasan ini diharapkan akan menjadi penggerak pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“Sehingga fokus pembangunan semakin mendukung seluruh lapisan masyarakat,” tandasnya. (adv)

Baca Juga

Back to top button