Diskominfo Kaltim

IPLM TGM Kaltim Melebihi Rata-rata Nasional

Upnews.id, Samarinda- Meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Gemar Membaca (TGM) di Benua Etam, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur menggelar Pembekalan Enumator Pengkajian IPLM dan TGM Tahun 2023.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pustakawan dan pengelola perpustakaan tersebut berlangsung selama dua hari di empat lokasi berbeda yakni Samarinda, Balikpapan, Bontang, dan Berau pada 20-21 November 2023. Pada pelaksanaan di Samarinda berlangsung di Lantai 2 Ruang Balai Pustaka, DPK Kaltim (20/11/2023) yang lalu.

Menghadirkan langsung narasumber dari Perpusnas RI, Dewi Kartikasari Plt Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca (PAPPBB), lokakarya yang dihadiri masing-masing perwakilan 10 peserta dari setiap daerah tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi dan keinginan DPK kabupaten dan kota terhadap IPLM dan TGM.

“IPLM Kaltim 2022 sebesar 69.22 sudah melebihi rata-rata IPLM nasional dan Kota Samarinda ada di angka 85.83 Nilai TGM Kaltim 46.27 masih dalam kategori sedang semoga melalui lokakarya ini bisa meningkatkan IPLM dan TGM Kaltim selanjutnya,” jelas Dewi dalam pemaparan materinya mengenai presentase IPLM dan TGM kepada peserta.

Disebutkannya metode pengambilan data IPLM dengan melakukan sensus melalui pemberian kuesioner dengan tujuh unsur pembangunan literasi masyarakat di antaranya, ketersediaan koleksi buku, ketercukupan tenaga perpustakaan, kunjungan masyarakat setiap harinya, keterlibatan masyarakat dalam agenda perpustakaan, jumlah agenda perpustakaan, serta keanggotaan perpustakaan.

“Diharapkan lokakarya dapat meningkatkan pemahaman para petugas pencacah data atau enumerator tentang pengumpulan data, proses pemasukan data penyusunan IPLM dan TGM sehingga petugas yang menangani pendataan ini dapat memenuhi kualifikasi,” jabar Marthen Rumana, S.Sos selaku Pustakawan DPK Kaltim saat membuka jalannya lokakarya.

IPLM merupakan pengukuran terhadap usaha yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota dalam membina dan mengembangkan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat.

Sementara itu, tujuan kajian TGM yaitu mengidentifikasi dan mengkaji kondisi perpustakaan umum provinsi, kabupaten dan kota, serta desa dan kelurahan, mengidentifikasi dan mengkaji tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia, serta merumuskan rekomendasi kebijakan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca.

Setiap tahunnya, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) melakukan kajian TGM dan IPLM terhadap semua provinsi dan kabupaten dan kota. (*/An/Diskominfo Kaltim)

Baca Juga

Back to top button