Kutai TimurPariwara

Halal Bihalal Poktan Mutiara Pinang, Ardiansyah: Kembali Fitrah

Upnews.id, Sangatta Selatan – Meski di hari libur kerja Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman didampingi istri Siti Robiah tetap turun ke lapangan menemui masyarakat. Kali ini menghadiri undangan halal bihalal yang diselenggarakan oleh Kelompok Tani (Poktan) Mutiara Pinang yang beralamat di Gang Mutiara Dusun Pinang Mas, Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Minggu (30/4/2023) pagi.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman menyampaikan bahwa di bulan Syawal ini masih dalam bulan yang penuh keberkahan. Oleh karena itu, dalam silaturahim ini agar saling membersihkan diri dengan sesama.

“Artinya, setelah bulan Ramadan, di bulan Syawal ini kita kembali fitrah, mari kita saling memaafkan, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya dihadapan Ketua TP PKK Siti Robiah, Kadis Koperasi dan UKM Darsafani, Camat Sangatta Selatan Abas, Perwakilan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Wahyudi Nur, Kades Sangatta Selatan Muhajir, Ketua Poktan Mutiara Pinang Eko Kabidiono dan tamu undangan lainnya.

Ia menambahkan bahwa dengan halal bihalal ini semua saling mengikhlaskan antara satu dengan yang lainnya. Dengan Allah mendapatkan ampunan dan dengan sesama manusia tidak ada lagi persoalan.

Terakhir, ia mengutip sabda Rasulullah SAW yang berbunyi ”Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah ketika manusia lain tengah tertidur; niscaya kamu akan masuk surga dengan selamat sejahtera”.

“Atas nama pribadi dan pemerintah, saya mohon maaf lahir dan batin. Mudah-mudaham dengan hikmah halal bihalal ini kita saling memafkan dan jangan terpecah belah,” harapnya

Sementara itu, perwakilan Dinas TPHP Wahyudi Nur menyampaikan bahwa pada saat hari besar keagamaan yakni Ramadan dan Idulfitri, inflasi masih terkendali dan stabil di angka 4, 97 persen. Itu merupakan sumbangsi kinerja dari para petani semua sehingga ketersediaan bahan pangan berupa sayuran dan sebagainya masih cukup di masyarakat sehingga harga tidak melonjat naik.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada rekan rekan petani. Kami dari Dinas TPHP berkomitmen untuk terus meningkatkan serta memajukan dari sisi kelembagaan yaitu kelompok taninya maupun dari sisi petaninya,” ucapnya.

Sedangkan, Camat Sangatta Selatan Abas memberikan apresiasi atas terselenggaranya halal bihalal yang dilaksanakan oleh Poktan Mutiara Pinang. Ia menjelaskan halal bihalal ini merupakan tradisi atau budaya masyarakat Indonesia yang dilaksanakan setelah kebaran Idulfitri. Bersilaturahmi saling maaf memaafkan untuk mempererat tali persaudaraan, mengedepankan toleransi dalam kehidupan beragama di lingkungan masing-masing.

“Saya selaku camat atas nama masyarakat Kecamatan Sangatta Selatan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta ibu yang telah bersedia hadir dalam acara halal bihalal. Ini merupakan kehormatan bagi kami warga masyarakat Kecamatan Sangatta Selatan. ” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Poktan Mutiara Pinang Eko Kabidiono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Ardiansyah beserta rombongan yang telah menyempatkan hadir pada kegiatan halal bihalal Poktan Mutiara Pinang. Ia berharap pembangunan jalan menuju lokasi Poktan bisa disemenisasi untuk memudahkan pengangkutan hasil pertanian pada saat musim hujan.

“Kami juga perlu bantuan alat pertanian agar hasil pertanian kami bisa meningkat,” singkatnya. (*/An)

Baca Juga

Back to top button