Diskominfo Kaltim

DPK Kaltim Akan Sajikan Diorama Sejarah

Upnews.id, Samarinda – Dinas Perpustakaan dan kearsipan (DPK) Kaltim terus melakukan inovasi demi meningkatkan kunjungan pengunjung ke Perpustakaan Daerah Kaltim yang berlokasi di Jalan Ir Juanda.

Salah satunya ialah diorama sejarah. Secara arti, diorama sejarah ialah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan. Seringkali, diorama memamerkan adegan sejarah di suatu daerah, miniatu figur publik ataupun yang lain.

Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafruddin mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menampilkan arsip sejarah Kaltim. Hal ini adalah upaya DPK Kaltim memperkenalkan pada generasi muda tentang catatan sejarah di Bumi Etam.

“Nanti kami akan buatkan misalnya pidato Gubernur yang pernah dibacakan di tahun berapa. Seperti kunjungan Presiden Soekarno ke Kaltim di Lapangan Kinibalu. Kaltim itu punya banyak sejarah,”ungkapnya.

Baca Juga : Ramadhani Bakal Wujudkan Digitalisasi Perpustakaan

Pria yang akrab disapa Ivan ini menyatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan Perpustakaan nasional untuk menambah perbendaharaan kearsipan sejarah Kaltim.

“Kami kerjasama dengan Perpustakaan nasional mencari arsip itu. Mencari video, rekaman suara dan sebagainya. Bisa jadi untuk pengetahuan anak-anak, karena mungkin generasi sekarang tidak tahu sejarah daerah kita,”kata Ivan.

DPK Kaltim akan bekerja keras untuk mewujudkan diorama sejarah di Kaltim. Karena hal tersebuit merupakan salah satu tugas DPK Kaltim.(Tsn/Adv/Kominfo Kaltim)

Back to top button