Kutai Timur

Sekda Kutim Sebut PAUD Ciptakan Generasi Emas

Upnews.id, Sangatta – Dalam momen Pengukuhan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan dan Desa se-Kutim, Seskab Kutim Rizali Hadi mewakili Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan semua stakeholder punya kepedulian yang besar terhadap PAUD.

“Sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak agar pada saatnya nanti mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut. Mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik,” ucapnya di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG) Bukit Pelangi, Kamis (15/6/2023).

Ditambahkan Rizali Hadi, PAUD menjadi awal sangat penting.

“Otak berkembang sangat cepat. Menerima dan menyerap segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya. Tidak hanya yang baik saja akan tetapi hal yang kurang baik. Masa itu dimana perkembangan fisik, mental dan spiritual seorang anak akan mulai terbentuk. Ini adalah masa Golden Age,” tegasnya.

“Yang mana tentunya kita sama-sama mendukung program PAUD terutama gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Sehingga Pola Pembinaan yang kita berikan terbentuk dan berkembang sesuai dengan masanya,” imbuhnya.

Ia pun turut mengingatkan orang tua harus lebih memperhatikan pendidikan dan pola pengasuhan anak.

“Kepada orang tua jangan biarkan anak mendapatkan konsumsi berita atau tingkah laku yang tidak pas buat mereka. Jangan pernah berkata kasar karena itu akan terekam dalam otaknya,” pintanya.

Lanjutnya, PAUD adalah tugas kita bersama untuk menciptakan generasi emas di masa yang akan datang.

“Saya ingatkan PAUD bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah dan lembaga PAUD saja, akan tetapi masyarakat dan orang tua harus bersama-sama berperan aktif. Termasuk organisasi Mitra Himpaudi, IGTKI, GOPTKI serta peran dukungan dunia usaha dan dunia industri,” urainya.

Kegiatan ini pun turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim Mulyono, Bunda PAUD Siti Robiah Ardiansyah, seluruh Camat, Kepala Desa serta Bunda PAUD yang dikukuhkan. (*/An)

Baca Juga

Back to top button