Bontang

Lanal Sangatta Hijaukan Pesisir Bontang

Dalam Rangka Hari Armada RI 2021

Upnews.id, Bontang -PangkalanTNI AL Sangatta Gelar Penanaman Pohon Mangrove dalam rangka menyambut hari Armada RI tahun 2021, yang dilaksanakan di Pulau Melahing Kota Bontang, Kalimantan Timur, pada hari ini Minggu (21/11/2021).

Penanaman pohon mangrove yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi,S.T.,M.Tr.Hanla.,M.M.,CHRMP. Dan didampingi oleh Palaksa Mayor Laut (P) Hermanto,S.T.,M.M.,M.Tr.Opsla, serta prajurit dan undangan. Untuk menanam 1009 bibit pohon mangrove.

Danlanal Sangatta menyampaikan, jika Pohon mangrove berfungsi sebagai stabilisator produktivitas sumber daya hayati wilayah pesisir, dan akan berpengaruh terhadap perekonomian wilayah pesisir. Dari aspek fisik, mangrove mampu menahan ombak mencegah abrasi bahkan mampu meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh tsunami. Dari aspek ekologi mangrove mampu berfungsi sebagai filter.

“Disamping itu, polusi air dan udara dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur limbah dan mampu menyerap polutan atau asap dari udara. Disamping itu, mangrove juga sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut. sedangkan dari sisi ekonomi, mangrove mampu menghasilkan kayu untuk bahan bangunan dan arang, serta menghasilkan buah atau biji yang dapat dibuat berbagai makanan atau minuman,” jelas Danlanal.

Selain itu, keberadaan hutan mangrove juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam. sehingga pada momen menyambut Hari Armada tahun 2021, Lanal Sangatta laksanakan kegiatan penanaman mangrove tersebut.

Pada penanaman mangrove kali ini, Lanal Sangatta menggandeng unsur dari masyarakat. Mulai dari penggagas Penanaman Mangrove, Ketua kelompok Tani Lestari Indah Kota Bontang, Karang Taruna Kota bontang, dan juga siswa-siswi SMK Negeri 2 Kota Bontang. (Rom)

Baca Juga

Back to top button