HeadlineKesehatanKutai Timur

RSUD Kudungga Persiapkan Diri Untuk Akreditasi Rumah Sakit

Upnews.id, Sangatta – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga terus berbenah dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan secara paripurna, dengan peningkatan mutu secara internal dan eksternal.

Guna memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan. Sesuai SE Kemenkes nomor HK.02.01/MENKES/133/2022 tentang Penyelenggaraan Perizinan Bidang Pelayanan Kesehatan dan Akreditasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Demi mempersiapkan akreditasi rumah sakit tersebut, manajeman RSUD Kudungga menggelar Kick Off persiapan survey akreditasi dan penggalangan komitmen seluruh pegawai rumah sakit. Acara yang digelar di lantai 3 RSUD Kudungga (02/06/2022), dihadiri pula oleh Dewan Pengawas (Dewas) RSUD, Direktur, Manajeman dan perwakilan ruang perawatan dan instalasi rumah sakit.

Lihat Juga  : RSUD Kudungga Miliki Peralatan CT Scan Canggih

Dalam sambutan dr. Hj. Yuwana Sri Kurniawati selaku Direktur RSUD Kudungga. Pelaksanaan akreditasi rumah sakit diperlukan komitmen yang tinggi bagi semuanya, terlebih bagi unsur organisasi rumah sakit.

“RSUD Kudungga berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan agar tercipta tata kelola rumah sakit dan tata kelola klinis yang baik. Dalam persiapan akreditasi kali ini ada dua penguatan yang dilakukan, dari unsur organisasi rumah sakit dan Pokja akreditasi,” sebut dr. Yuwana dalam sambutannya.

Direktur berharap, unsur organisasi rumah sakit mampu melaksanakan tupoksi sesuai standar akreditasi. Antara lain memahami standar akreditasi, hingga berkolaborasi dengan seluruh pimpinan rumah sakit, kepala komite dan kepala instalasi/unit. Untuk menyusun dan mengevaluasi kebijakan rumah sakit, serta mendukung program peningkatan mutu, keselamatan pasien, dan manejemn resiko.

RSUD Kudungga Persiapkan Diri Untuk Akreditasi Rumah Sakit

RSUD Kudungga Persiapkan Diri Untuk Akreditasi Rumah Sakit
Peserta Kick Off Akreditasi Mengikuti Secara Online dan Offline (Foto : Upnews.id)

“Untuk Kelompok Kerja (Pokja) akreditasi, harapannya melakukan penilaian mandiri secara berkala. Kami juga mengharapkan dukungan Dewan Pengawas dalam memberi persetujuan, dan pengawasan agar rumah sakit mempunyai kepemimpinan yang jelas, dijalankan secara efisien, dan memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan aman,” tambahnya.

Adanya Kick Off tersebut, harapannya menjadi penyemangat bagi semua insan di RSUD Kudungga. Guna menciptakan tata kelola rumah sakit, dan tata kelola klinis yang baik dalam rangka penjaminan mutu dan keselamatan pasien di rumah sakit.

“Untuk targetnya kita harap bisa tercapai akreditasi Paripurna. Mohon doanya kepada semua masyarakat Kabupaten Kutai Timur. Berbagai persiapan tengah dilakukan oleh tim hingga nantinya penilaian,” tutupnya.

Baca Juga : 18 Pegawai RSUD Kudungga Lolos P3K

Sementara itu, dr. Bahrani Hasanal selaku Kepala Dinas Kesehatan Kutim yang juga ditunjuk sebagai Dewan Pengawas RSUD Kudungga. Mengharapkan akreditasi rumah sakit milik Pemerintah Daerah tersebut dapat naik, pasalnya dari yang awalnya terakreditasi Utama sempat turun ke Madya.

Menurut mantan Direktur RSUD Kudungga itu, tim Pokja telah membuat SOP dan dokumen yang lainnya sesuai dengan aturan Kemenkes. Oleh sebab itu, selurun pihak harus menjalankan sesuai dengan standar yang telah dibuat.

“Tulisa pa yang mau kamu kerjakan, setelah kamu kerjakan jangan lupa dicatat. Artinya kerjakan apa yang kamu tulis. Jangan lepas dari itu,” pesan dr. Bahrani kepada Manajeman RSUD Kudungga.

“Jadi biasakanlah bekerja dengan benar, jangan membenarkan pekerjaan yang sudah biasa dilakukan, itu yang penting,” tutupnya. (An/Dr)

Baca Juga

Back to top button