Diskominfo Kaltim

Pj Gubernur Kaltim Sambut Kedatangan Presiden ke IKN

Upnews.id, Balikpapan – Pj Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik, menerima kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam kunjungan kerjanya untuk melihat progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sesaat menuruni pesawat TNI Angkatan Udara, Presiden Jokowi langsung bertanya perkembangan pembangunan IKN kepada Pj Gubernur Akmal Malik.

“Apa Kabar Pak Pj, sehat?. Bagaimana perkembangan sekitar IKN Pak Pj?” tanya  Presiden Joko Widodo.

Menjawab pertanyaan tersebut, Pj Gubernur Akmal Malik menjelaskan kemajuan yang sudah dilakukan dalam beberapa waktu terakhir, sejak ia dilantik Menteri Dalam Negeri Tito  Karnavian, 2 Oktober lalu.

Saat ini jelas Akmal, Pemprov Kaltim sedang  menyiapkan penguatan di kawasan-kawasan penyangga IKN.

“Misalnya Balikpapan. Walaupun hanya satu kelurahan, mereka sangat membantu Pak Presiden,” ungkap Akmal kepada Presiden Joko Widodo.

Penyiapan lainnya sedang dilakukan di 40 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang berbatasan dengan IKN. Sementara 8 desa lainnya di PPU masuk menjadi bagian dari wilayah IKN.

Sedangkan di Kabupaten Kutai Kartanegara tercatat tiga kecamatan berbatasan dengan IKN, yaitu Loa Kulu, Loa Janan dan Sanga-sanga.

“Kami sedang fokus lakukan pemetaan Pak Presiden,” lapor Akmal.

Presiden Jokowi pun membalas. “Bagus, bagus Pak Pj,” ucap Presiden.

Presiden Joko Widodo juga meminta Pj Gubernur Akmal Malik untuk mendampinginya dalam pertemuan bersama para tokoh masyarakat dan tokoh adat di Kaltim, Selasa malam.

“Pak Presiden minta saya mendampingi beliau untuk acara malam ini,” ucap Akmal seraya bergegas menuju ruang pertemuan di Novotel Hotel Balikpapan. (*/An/Adv Diskominfo Kaltim)

Baca Juga

Back to top button