EkonomiKutai Timur

Peringati Hari Koperasi Dengan Menggelar Bazar UMKM

Upnews.id, Sangtta – Memperingati Hari Koperasi Nasional ke-75 sekaligus menyambut tahun baru Islam. Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Timur menggelar Bazar UMKM di halaman parkir Pasar Induk Sangatta, dari 1-8 Agustus 2022.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman yang didampingi oleh Kadis Koperasi dan UKM Darsafani, sejumlah Kepala OPD dan tamu undangan. Secara resmi membuka event tersebut yang disaksikan oleh para pelaku UMKM.

Bupati menyebutkan, kegiatan Hari Koperasi ini menjadi ajang menunjukkan eksistensi koperasi serta UMKM di Kutim. Ia berharap seluruh pelaku usaha menyambut baik setiap event promosi baik yang digelar oleh pemerintah maupun swasta.

Baca Juga : Migrate Hijab Jadi Salah Satu Produk Unggulan UMKM Kutim

“Ini tahun kebangkitan UMKM dan koperasi, saya berharap di era ini ekonomi kerakyatan terus muncul dan berkembang,” jelasnya, Senin (1/8/2022) malam.

Dalam sambutannya, Bupati menyebut manajemen pengelolaan koperasi membutuhkan jajaran pengurus yang selalu bertindak profesional dan amanah, guna menjadikan koperasi semakin maju dan dapat bersaing dengan lembaga lainnya.

“Profesionalitas harus diterapkan kepada pengurus koperasi. Selain harus bisa mengukur kemampuan, juga harus membesarkan organisasi bukan besar karena organisasi,” ungkapnya.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Lokal Market, Joni Harap UMKM Kutim Tumbuh Membaik

Dia mengatakan, koperasi bukanlah milik perorangan namun seluruh anggota. Maka harus amanah, khususnya dalam transparansi keuangan, gunakan kemajuan IT dalam transparansi aset dan keuangan.

Diakhir sambutannya, ia mengingatkan kepada Dinas Koperasi dan Disperindag agar mencatat transaksi atau perputaran perekonomian selama pelaksanaan bazar UMKM yang bakal berlangsung satu minggu.

“Saya minta nanti panitia dan dari dinas terkait punya catatan transaksi perputaran perekonomian di kegiatan bazar ini dan nantinya dilaporkan. Agar masyarakat tahu kehadiran UMKM sangat membantu perputaran ekonomi,” sebutnya.

Baca Juga : Basti Dukung Pemulihan Ekonomi Lewat Bazar

Sementara, Dinas Koperasi dan UKM Kutim, Darsafani melaporkan pelaku UMKM yang ikut bazar ada sekitar 60-an. “Jumlah pelaku usaha yang ikut bazar ada 60-an, 15 UMKM dari luar Kutim dan selebihnya adalah UMKM Kutai Timur,” katanya.

Darsafani menambahkan pelaksanaan bazar UMKM untuk perayaan HUT Koperasi tidak menggunakan dana APBD. “Jadi kami laporkan bahwa kegiatan ini tidak menggunakan dana APBD, dan murni ingin melibatkan seluruh pelaku usaha atau UMKM agar UMKM di Kutim terus bergerak,” harapnya.

Darsafani merinci, Diskop dan UMKM Kutim sampai saat ini secara masif melakukan pembinaan terhadap ratusan koperasi di Kutim. Selain itu, pada kegiatan ini, mereka diajak untuk mengikuti dialog perkoperasian. (An/Dr-Adv Kominfo)

Back to top button