DPRD Kutim

Novel Sarankan Pelayanan Puskesmas Buka 24 Jam Serta SDM Kesehatan di Tingkatkan

upnews.id SANGATTA- Pelayanan dasar masyarakat seperti kesehatan dan pendidikan, perlu diperhatikan dengan baik dan bisa ditingkatkan lagi ke depan. Terutama masyarakat yang kurang mampu harus memperoleh hak-hak mereka untuk mendapatkan pelayanan dengan baik.

“Masyarakat berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang baik. Sebagai warga negara, masyarakat berhak mendapatkan hal tersebut,” ujar anggota DPRD Kutim dr Novel TyTy Paembonan, Rabu (28/6/2023).

Guna memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat tersebut, dia menyarankan agar pelayanan Puskesmas dilaksanakan selama 24 jam. Sehingga tenaga kesehatan harus disiapkan dengan baik. Dia juga meminta pemerintah untuk melengkapi kendaraan operasional Puskesmas.

Dirinya meminta kepada pemerintah untuk mengadakan kendaraan operasional, ambulans, dan mobil jenazah di setiap Puskesmas di wilayah Kutim. Hal ini penting, jika ada warga yang memerlukan saat emergency, akan secepatnya bisa terbantu menuju ke rumah sakit atau Puskesmas.

Terkait masalah pendidikan, Novel menyebutkan, yang perlu diprioritaskan yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Sebab, generasi penerus suatu saat nanti bakal menjadi pemimpin di negeri ini.

“Guru harus diberikan apresiasi yang setara dengan apa yang telah diberikan kepada anak didiknya. Kemudian meningkatkan kemampuan guru melalui beasiswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta bimbingan teknis lainnya,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Selain itu menurut Novel, sarana dan prasarana di sekolah juga harus dapat menunjang proses belajar mengajar. Saat ini, Kutim memiliki anggaran yang cukup besar, sehingga tidak ada persoalan terkait memenuhi sarana dan prasarana sekolah.

Terkait masalah lingkungan, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) agar memperhatikan daerah pemukiman masyarakat. Jika lingkungan baik dan bersih, tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat sendiri.

“Drainase harus dalam keadaan baik, air yang mengalir lancar serta kondisi jalan perumahan yang baik untuk dilewati masyarakat,” pungkas Novel. (adv)

Baca Juga

Back to top button