DPRD Kutim

Ketua DPRD Sambut Positif adanya Peningkatan Beasiswa Kutim Tuntas

Upnews.id, Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), bakal menaikan dan menambah kuota penerima program beasiswa Kutim Tuntas.

Mengetahui hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim Joni, menyambut positif rencana pemerintah yang berkaitan denan program beasiswa Kutim tuntas, pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga :  Beasiswa Kaltim Tuntas Jadi Program Unggulan Pemprov Cetak SDM Handal

“Tahun 2024, akan ada penambahan jumlah beasiswa baiik dari segi penerima maupun pendanaan yang akan dibagikan,” jelas Ketua DPRD saat dikonfirmasi usai rapat koordinasi (rakor) pada Senin (25/7/2023).

Ketua menyebut, untuk nilainya belum dirincikan, namun disampaikan oleh Kadisdikbud Mulyono, bahwa ada penambahan 3-4 kali lipat dari sebelumnya.

“Contohnya, kalau dulu SD dapat Rp750 ribu sekarang jadi sejuta dan kalau SMP dulunya dapat satu juga ini naik jadi Rp1,5 juta. Inikan luar biasa dan menjadi kabar baik bagi masyarakat Kutim,” tambah Joni,

Rencananya, 2024 mendatang beasiswa akan disalurkan sesuai dengan kewenangan kabupaten, yakni untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Terkait penerima beasiswa yang diperkiran capai ribuan orang itu, Joni meminta pemeirntah melalui Disdikbud untuk lebih transpara dan akuntabel, sehingga realisasi program tersebut bisa tepat sasaran dan menjadi kebanggan.

“Nantinya kita akan awasi. Sekiranya mereka (disdikbud) telah faham mengenai itu,” beber Joni.

Disinggung mengenai peran DPRD, Joni mengaku bahwa akan selalu mensuport program tersebut, terlebih beasiswa bagi masyarakat Kutim akan membantu ekonomi masyarakat terlebih warga yang kurang mampu.

Baca Juga : Pemkab Kukar Gelontorkan Rp 20 Miliar untuk Program Beasiswa di Tahun 2023

“Saya kira ini sangat positif dan kami DPRD sangat sepakat dengan program ini. Sesuai tupoksi kami, yakni penganggaran dan pengawasan. Kami juga meminta peran serta masyarakat mengawal program ini kedepanya,” tegasnya, (Put/Dr-Adv)

Baca Juga

Back to top button