Samarinda

Kaltim Bakal Terapkan ASO pada 30 April 2022

Meski Belum Dimulai, Masyarakat Samarinda dan Balikpapan Dapat Nikmati Siaran Digital

Upnews.id, Samarinda – Sejak beberapa tahun yang lalu, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, menargetkan penghentian siaran televisi analog ke arah digital. Atau program Analog Swich Off (ASO) ke Digital Switch On (DSO).

Setelah beberapa tahun tertunda, ditargetkan program tersebut akan dimulai pada 30 April 2022 ini. Untuk Provinsi Kalimantan Timur, nantinya akan dibagi kedalam 2 wilayah.

Menurut keterangan M. Faisal selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kaltim. Beberapa Kabupaten/Kota dibagi dalam 2 wilyaha, untuk Kaltim 1 meliputi Samarinda, Bontang dan Kutai Kartanegara.

Sementara untuk Wilayah Kaltim 2 meliputi Penajam Paser Utara (PPU) dan Balikpapan.

Kaltim Bakal Terapkan ASO pada 30 April 2022

“Setelah tahun lalu diundur, walaupun kita sudah siap. Akhirnya ASO di Kaltim dimulai 30 April 2022, bersamaan dengan 56 wilayah layanan siaran yang terdiri atas 166 Kabupaten/Kota se Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga

Meskipun program ASO belum diterapkan di Kaltim. khususnya di Samarinda, namun beberapa stasiun televisi telah mengarahkan program siarannya ke digital. Sehingga cukup bermodalkan antena luar, sudah bisa menikmari 27 channel siaran yang berkualitas.

Baca Juga : Ikuti Petunjuk Google Maps, Satu Keluarga Tersesat di Hutan

“Untuk di Balikpapan, masyarakat juga sudah bisa menangkap 24 channel siaran hanya bermodalkan antenna,” imbuhnya.

Nantinya, kurang dari 50 hari pelaksanaan ASO ini di akan dimulai, artinya warga Kaltim harus pula bersiap-siap untuk menikmati siaran digital dengan tampilan gambar yang lebih bagus.

“Mari persiapkan perangkatnya, sudah banyak dijual dengan harga yang terjangkau untuk antenna maupun set the box atau STB jika televisinya belum digital. Dan jangan khawatir pula pengguna TV Kabel dan satelit yang berbayar tidak akan terdampak dengan migrasi ini,” tutupnya H.M. Faisal. (An/Dr)

Baca Juga

Back to top button