HeadlineKutai TimurPolitik

Cegah Karhutla, Ketua DPRD Kutim Ingatkan Masyarakat dan Perusahaan Tidak Bakar Lahan Sembarangan

Upnews.id, Sangatta- Ketua DPRD Kutim, Joni S.sos meminta baik masyarakat maupun perusahaan untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan sampah secara sembaragan.

Hal ini guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan ( karhutla ), terlebih saat ini telah Kutim akan memasuki musim panas.

“ Saya berharap kepada masyarakat untuk menghindari lahan. Karena ini sudah masuk musim kemarau, “ katanya saat di hubungi melalui telepon seluler, Rabu (17/03/2021).

Joni sapaan akrabnya, menyebutkan kalau wilayah Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng termasuk daerah kategori yang rawan karhutla. Kenyataan seperti ini, menurutnya perlu diwaspadai agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan masyarakat sendiri.

“Kita harus berkaca dari tahun – tahun sebelumnya di Kutim yang sempat ada beberapa kasus karhutla di Kutim,kita berharap itu tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Politisi PPP Kutim ini mengingatkan kalau tentu saja ada sanksi tegas bagi siapa saja yang sengaja membuka lahan dengan cara membakar. Untuk itu ia berharap agar tidak ada terjadi lagi karhutla di seluruh Kutim termasuk Muara Wahau.

“ Untuk memantau karhutla agar tidak terjadi lagi, Saya selaku dan pak Ardiansyah tadi menyerahkan bantuan kendaraan roda empat untuk bisa memantau karhutla di Muara Wahau dan Kongbeng,apalagi terdapat taman nasional Wehea yang juga merupakan aset dunia,”ungkapnya.

Joni juga mengajak seluruh komponen masyarakat Kutim untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Segala hal yang dapat memicu kebakaran harus di hindari. (Nz)

Baca Juga

Back to top button