Kutai Timur

Satgas Covid-19 Kutim Kejar Vaksinasi Lansia

Upnews.id, Sangatta – Pada rapat Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Kantor BPBD Kabupaten Kutai Timur pada (30/11/2021), yang dipimpin oleh Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman. Diketahui jika capaian Vaksinasi Covid-19 kini telah mencapai 65,8% untuk dosis pertama. Sedangkan persentase vaksinasi untuk lansia secara keseluruhan baru diangka 35,9%.

Berdasarkan pemaparan dari Sekretaris Satgas Covid-19 Kutai Timur, sekaligus Kepala Pelaksana BPBD Kutim H. Syafruddin. Kendala yang dialami oleh tim vaksinator untuk capaian vaksinasi golongan lansia, lantaran dari 12 dari 18 Kecamatan yang terdata, persentase yang belum divaksin mencapai 50%.

Vaksinasi Capai 53%, PPKM Kutim Turun ke Level II

Adapun kendala vaksinasi di Kecamatan yakni, mulai dari banyaknya lansia yang takut divaksin, wilayah vaksinasi yang susah dijangkau, minimnya edukasi tentang dampak vaksin dikalangan lansia, hingga ketersediaanvaksin yang beradai di masing-masing Kecamatan (Sinovac,AstaZeneca, Pfizer).

“Strategi yang dilakukan untuk meningkatkan vaksinasi lansia, dimulai dengan pendataan dari tingkat RT dan Desa ke Puskesmas atau Kecamatan terdekat. Pelaksanaan door to door ke Desa atau RT, hingga pemberian stimulan berupa bantuan langsung agar lansia bersedia divaksin,” jelas Syafruddin.

Berikut Data Hasil Supervisi Cakupan Vaksinasi Lansia Di Kecamatan Per 30 November 2021.

Data Hasil Supervisi Cakupan Vaksinasi Lansia Di Kecamatan
Data Hasil Supervisi Cakupan Vaksinasi Lansia Di Kecamatan (Tabel : Upnews.id)

Menerima laporan tersebut, Bupati Kutai Timur sekaligus Ketua Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten. Langsung memerintahkan kepada seluruh Camat yang mengikuti rapat secara virtual, untuk melakukan jemput bola, serta mensosialisasikan vaksinasi.

Bersiap, Anak Usia 6-11 Tahun Bakal Dapat Vaksin Covid-19

Dirinya beharap, vaksinasi untuk lansia dalam beberapa hari kedepan telah mencapai angka 40%, dari target yang diberikan oleh Pusat sebesar sebesar 15.427 sasaran.

“Vaksinasi sudah bergerak diangka 65,8% hampir 66%, mudah-mudahan 5 hari kedepan bisa sampai 70%. Untuk Lansiasudah masuk diatas 35% hampir 40% kita berusaha untuk mencapai 60%,” jelas Bupati.

Diketahui, untuk target capaian vaksinasi secara kumulatif di Kabupaten Kutai Timur 333.961 Sasaran untuk vaksin dosis 1 dan 2, yang terbagi dalam beberapa kriteria. Untuk Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) ditarget 3.013 sasaran. Untuk Petugas Publik 28.136 sasaran, masyarakat rentan dan umum 239.334 sasaran,usia 12-17 tahun 48.051 sasaran, serta sasaran kaum lansia. (Nz)

Back to top button