Diskominfo KukarKesehatanKutai Kartanegara

Camat Sebut Puskesmas Sebulu I Kini Miliki Fasilitas Lengkap

Upnews.id, Tenggarong – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya memperpendek rentang pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dalam bidang kesehatan, dengan dibangunnya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) representatif di Kecamatan Sebulu.

Camat Sebulu Eddy Fahrudin menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya, atas perhatian Bupati Kukar Edi Damansyah yang secara langsung meresmikan bangunan Puskesmas dengan fasilitas yang memadai di kecamatannya ini.

Puskesmas Sebulu I yang berada di Kawasan pusat pemerintahan Kecamatan Sebulu, Kukar ini menelan anggaran hingga Rp7 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Kukar.

“Puskesmas ini memiliki fasilitas lebih lengkap, peralatan medisnya menggunakan teknologi terkini. Ruangannya terbagi berbagai fungsi, mulai UGD 24 jam, poli umum, poli gigi, poli gizi, poli kesehatan ibu dan anak sampai apotek,” jelasnya.

Tambahnya, selain itu ada pula ruang rawat inap, ruang persalinan dan ruang khusus perawatan bayi, hingga fasilitar Ultrasonografi (USG).

Guna memberikan suasana berobat yang nyaman, Puskesmas Sebulu I juga dilengkapi dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) pada bagian tengah bangunan puskesmas.

“Lokasinya itu strategis, mudah diakses oleh 10 desa disekitar. Mulai dari Desa Lekaq Kidu, Segihan, Sebulu Ilir, Sebulu Modern, Beloro, Tanjung Harapan, Senoni sampai Selerong,” imbuh camat.

Eddy menyebut, program yang dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati ini berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat Sebulu. Pembangunan puskesmas ini menjadi penting, lantaran bangunan yang lama sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

“Yang lama (Bangunan Puskesmas) mungkin nanti dimanfaatkan jadi gudang,” tambahnya.

Tidak hanya Puskesmas Sebulu I, Pembak Kukar juga bakal melakukan rehabilitasi Puskesmas Sebbulu II yang selama ini melayani masyarakat di empat desa, yakni Desa Mekar jaya, Sumber Sari, Giri Agung, dan Manunggal Daya.

Puskesmas yang terletak di Desa Sumber Sari itu rencananya bakal direhab secara keseluruhan pada Juni 2023 ini, yang bersumber dari APBD murni 2023. (*/An-Adv)

Baca Juga

Back to top button