Diskominfo Kaltim

Sekda Kaltim Bakal Gaungkan Ketahanan Nasional di Elemen Masyarakat

Upnews.id, Samarinda – Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni menghadiri Pertemuan Alumni PPSA, PPRA dan P3DA Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI (IKAL) Provinsi Kalimantan Timur dengan Tim Lemhannas RI, Kamis (9/11/2023).

Pertemuan sekaligus kegiatan Pengukuran Hasil Pendidikan (Evaluasi Dampak) Alumni Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA), Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) dan Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) Lemhanas RI di Provinsi Kaltim Tahun 2023 digelar di Ruang Crystal 7D, Hotel Mercure Samarinda.

Acara dihadiri Sekda Sri Wahyuni yang juga Ketua DPD Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Provinsi Kaltim menjelaskan kepengrusan IKAL Kaltim memasuki periode kedua, setelah yang pertama dipimpin Profesor Dwi Nugroho Hidayanto.

Pihaknya bersama Lemhannas RI akan melakukan pemantapan nilai-nilai kebangsaan, khusus bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagai mitra strategis Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pesertanya nanti ada 100 orang. Terdiri para kepala desa, tokoh masyarakat, camat, guru dan warga,” sebutnya.

Kegiatan ini menurut Sekda, sangat penting terutama untuk menggugah kesiapan masyarakat PPU menjadi tuan rumah dan bisa menyambut jutaan orang pendatang baru di IKN.

“Kami juga sudah menyusun program dan merancang sinergi dengan akademisi membuat MoU bagi penerimaan mahasiswa baru, maka general stadiumnya akan diisi teman-teman IKAL untuk menyampaikan wawasan kebangsaan, seperti pembekalan bagi Paskibraka, termasuk kampus (perguruan tinggi) dan sekolah-sekolah untuk menggaungkan ketahanan nasional diberbagai elemen masyarakat,” urainya.

Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi mengemukakan kegiatan evaluasi alumni Lemhannas untuk mendapatkan masukan atau rekomendasi dari Kaltim untuk kemajuan program pendidikan di Lemhannas.

“Kita akan mendapatkan pandangan tingkat penilaian alumni guna kontribusi balik kepada Lemhannas dan peserta Lemhannas akan datang,” jelasnya.

Selain itu, evaluasi juga untuk memperkuat soliditas DPD IKAL Kaltim, guna percepatan peningkatan ketahanan nasional di daerah, khususnya Kaltim.

Juga menyosialisasikan Lemhannas guna meningkatkan pemahaman dan nasionalisme masyarakat, serta memacu cinta tanah air dan menjaga kearifan lokal.

“Nantinya, bisa saja narasumber dari Kaltim kita bawa ke Lemhannas untuk memberikan ceramah kepada peserta yang akan datang. Sebab salah satu temanya yang akan diambilkan kepada peserta Lemhannas, tentang IKN,” ujarnya.

Hadir Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto, Anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian, Tenaga Profesional Bidang Strategi Lemhannas RI Mayjen TNI Purn Abdul Chasib dan Dirbintadik Debiddikpimkatnas Lemhannas RI Laksma TNI Saptono Djuniawan, serta para alumni Lemhannas RI. (Nur/An/Adv Diskominfo Kaltim)

Back to top button