Diskominfo Kukar

Desa Melintang Akhirnya Tersambung Listrik

upnews.id TENGGARONG- Desa Melintang Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akhirnya tersambung listrik.

Mengenai itu, Minggu (22/10/2023) Camat Muara Wis Fadli Annur, menyampaikan rasa syukur dan kebahagiannya, karena Desa Melintang akan mendapatkan aliran listrik 24 jam dari PLN.

Menurutnya, warga Desa Melintang, pun tengah bersuka cita. Mereka menyambut terealisasinya pemasangan jaringan listrik, hasil kolaborasi antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penantian warga untuk menikmati listrik 24 jam, akhirnya terwujud dengan mulai tersambungnya jaringan listrik, dari Sistem Kelistrikan Kaltim ke Desa Melintang. Pemasangan jaringan listrik ini ditargetkan rampung sebelum akhir tahun 2023.

“Alhamdulillah warga kami sangat senang sekali dan bersyukur atas masuknya penerangan kampung dengan pemasangan jaringan PLN di wilayah yang terbilang sangat jauh dari perkotaan,” katanya.

Selanjutnya, ia memaparkan akses jalan di Desa Melintang saat ini sudah tersedia, sehingga memudahkan akses pemasangan jaringan listrik ke wilayah tersebut. Setidaknya, jaringan listrik 24 jam ini akan dinikmati oleh 512 Kepala Keluarga (KK) di Desa Melintang yang terdiri dari laki-laki 971 orang, wanita 833 orang.

Hal ini pun memudahkan mereka. Sebab, sebelumnya warga Desa Melintang hanya menikmati aliran listrik selama 6 jam, mulai pukul 6 sore hingga 12 malam. Aliran listrik itu pun berasal dari diesel yang dikelola oleh Pemerintah Desa. Setiap rumah dikenakan biaya iuran sebesar Rp300 ribu per bulan, agar bisa menikmati aliran listrik.

“Setelah penerangan di desa Melintang, diharapkan dapat menyambungkan lagi ke Dusun Kuyung yang sampai saat ini juga belum teraliri listrik,” harapnya.

Sementara itu Manager PT PLN (Persero) UP3 Samarinda Pundhi Nugrohojati, mengapresiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Kukar.

Apresiasi tersebut disampaikan atas sinergi dan support yang diberikan dalam mengiringi perjuangan PLN untuk masyarakat Kukar.

“Setelah penerangan di desa Melintang, diharapkan dapat menyambungkan lagi ke Dusun Kuyung yang sampai saat ini juga belum teraliri listrik,” ucapnya. (adv)

 

Baca Juga

Back to top button