Kutai TimurPariwara

Bupati Hadiri  Silaturahmi Akbar Paguyuban Kutim

Upnews.id, SANGATTA – Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menghadiri silaturahmi akbar gelaran Masyarakat Paguyuban Kutim yang digelar di Ruang Akasia, Kantor Bupati Kutim, Senin (15/5/2023). Acara ini bertemakan “Peran dan Pemberdayaan Masyarakat Paguyuban dalam Membangun Kutim Sejahtera”.

Bupati Kutim Ardiansyah mengatakan program Pemkab Kutim sudah terealisasi. Seperti pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, serta pariwisata.

“Dalam bidang pendidikan, ada bantuan pembangunan sekolah negeri dan swasta. Kemudian ada dana pendidikan gratis yaitu dalam program Beasiswa Kutim Tuntas (BKT),” tegasnya.

Selanjutnya, ada peningkatan insentif tidak hanya guru tapi untuk ASN, serta memaparkan bantuan untuk pendidikan seperti seragam baru serta sarana prasarana sekolah. Pemberian insentif. Kemudian di bidang pertanian, pada tahun 2020 banyak ekspor dan sekarang lagi pengembangan bawang merah di Sangatta Selatan.

“Ekspor kripik pisang, ubi ungu di Kaubun, hingga pengadaan benih. Insyaallah di Sangatta Selatan, bawang merah sudah dua kali panen. Tahun depan mudah-mudahan bisa dipasarkan,” terangnya.

Berikutnya di bidang kesehatan terutama di program BPJS sudah berjalan di atas 90 persen.

“Kalau ada yang sakit dulu dan sekarang berbeda, kalau dulu menunggu 14 hari kalau sekarang. Hari ini sakit begitu masuk BPJS sudah diberlakukan. Pemkab Kutim juga tengah menambah rumah sakit khususnya di kecamatan pedalaman maupun pesisir seperti d Muara Bengkal, Sangkulirang, dan Kongbeng. Mudah-mudahan ini bisa terealisasi semua dan jadi acuan bapak ibu menyampaikan konsep ke depan. Dari program yang ada bapak ibu bisa berkolaborasi agar program menjadi baik lagi dalam membangun Kutim lebih baik,” tutupnya. (NT)

Baca Juga

Back to top button