Kutai Timur

Jelang Idul Fitri Stok Sapi, Ayam dan Telur di Kutim Aman

Kebutuhan Sapi Kutim 5000 Ekor Tiap Tahun

Upnews.id, Sangatta – Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur pastikan stok sapi, ayam dan telur mencukupi dan aman.

Namun terkait adanya kenaikan harga, Dyah Ratnaningrum selaku Kadistan menyebut jika memang setiap lebaran semua komoditas mengalami kenaikan.

Baca Juga : Peluang Pengembangan Ternak Sapi di Kaltim Masih Sangat Besar

“Pasokan itu selalu ada, tidak ada masalah dari manapun sumbernya ada,” tegas Kadistan ditemui diruang kerjanya (3/04/2022).

Disisi lain, peternak saat ini menahan diri untuk mempersiapkan sapinya menjelang hari raya kurban. Dimana menjelang idul adha, merupakan puncak dari harga sapi.

Jelang Idul Fitri Stok Sapi, Ayam dan Telur di Kutim Aman

“Jumlah sapi kita tidak mencukupi seluruh Kutai Timur. Kemaren sudah kita hitung, kebutuhan satu tahun sama dengan hari raya itu mencapai 5000 ekor sapi,” jelas Dyah.

Sementara itu, pepulasi sapi yang ada di Kutim berkisaran diangka 19 ribu dan itu terdiri dari sapi jantan, anakan, hingga usia produktif. Peternak pun telah memahami, jika itu semua dipotong maka lambat laun akan habis.

Baca Juga : UPT Keswan Ranpul Jemput Bola beri Vaksin Rabies

“Tidak semua bisa dipotong. Untuk tenak potong itu memang pejantan dengan penggemukan. Sementara sapi betina, yang dipotong itu yang sudah tidak produktif dan harus diperiksa dulu oleh dokter hewan,” tambahnya.

Kondisi semacam ini hampir terjadi diseluruh wilayah Kalimantan Timur, dimana ternak lokal hanya mampu menyiapkan kebutuhan pasar 30%. Sementara sisanya harus didatangkan dari luar Kaltim, seperti pulau Sulawesi. (An/Dr)

Baca Juga

Back to top button