Kutai Timur

Vaksinasi Masyarakat Pulau Miang Jadi Tanggung Jawab TNI AL

Pulau Miang Ditetapkan Sebagai Kampung Bahari Nusantara

Upnews.id, Sangkulirang – Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Pulai Miang, Kcamatan Sangkurilang, Kab.Kutai Timur, kembali menjadi sasaran serbuan vaksinasi dosis ke-2 dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Sangatta, pada Rabu (22/9/2021).

Pulau Miang yang akan diresmikan sebagai KBN oleh TNI AL, maka Lanal Sangatta berkewajiban mendukung segala kegiatan yang termasuk dalam lima klaster pembangunan KBN diantaranya klaster kesehatan.

Pada kesempatan yang kedua kalinya ini Lanal Sangatta kembali menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 dosis 2 di tempat tersebut. Hal ini juga dilaksanakan dalam rangka memberikan herd imunity bagi masyarakat P. Miang yang umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan, juga sebagai aplikasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., dalam memutus rantai penularan Covid-19 terutama masyarakat maritim yang tinggal di pesisir.

Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP ditempat terpisah menyampaikan dan menghimbau kepada masyarakat P. Miang agar tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, jangan merasa daerahnya jauh dari kota yang padat penduduk namun kita juga harus waspada dengan wabah Covid 19 ini yang datang dari luar P.Miang.

“Pulau Miang adalah desa yang akan menjadi bagian dari program TNI AL sehingga kami akan tetap terus memberikan perhatian agar P.Miang ini terbebas dari wabah Covid sehingga Kampung Bahari Nusantara akan bisa terwujud dengan baik demi kesejahteraan masyarakat P.Miang” ujar Danlanal.

Ratusan warga anak-anak usia sekolah 12-17 tahun, terlihat antusias mengunjungi Gedung serba guna desa yang digunakan sebagai tempat Vaksinasi dosis kedua. Tidak sedikit pula masyarakat yang baru menerima vaksin dosis pertama, termasuk tenaga pengajar di P.Miang mendatangi tempat vaksinasi. Dan pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga pengajar ini, merupakan kali pertama yang dilaksanakan di kepulauan yang jauh dari kota.

Tenaga medis yang terlibat diantaranya dokter, vaksinator dan tenaga kesehatan dari Balai Pengobatan (BP) Lanal Sangatta, Pusban desa P.Miang serta Babinpotmar Posal Sangkurilang yang juga turut serta menertibkan antrian masyarakat. (nz)

Baca Juga

Back to top button