Diskominfo Kaltim

Hadiri Nyelama Sakai, Wagub Kaltim Apresiasi Kontribusi Warga Dayak Kenyah dalam Pembangunan Daerah

Upnews,id, SAMARINDA – Wakil Gubernur Kalimantan Timur H Hadi Mulyadi mengapresiasi kontribusi Warga Dayak Kenyah yang turut serta membangun daerah.

Apresiasi tersebut disampaikan saat menghadiri Welcome Party (Nyelama Sakai) peserta dan peninjau Musyawarah Besar IV Lembaga Adat Dayak Kenyah Kaltim (LADK-KT) dan Kerukunan Dayak Kenyah Kaltim (KDKKT) di Gedung Olah Bebaya Komplek Kantor Gubernur Kaltim.

“Persatuan dan kesatuan yang kita wujudkan di Kaltim, ada kontribusi dari warga Dayak Kenyah di situ. Ada sekitar 24 sub Dayak Kenyah. Semua bersatu, bercita-cita luhur untuk membangun warga Dayak, membangun Kalimantan Timur, membangun Ibu Kota Nusantara dan membangun Indonesia secara bersama-sama,” ucap Hadi Mulyadi saat memberikan sambutan, Jumat (28/4/2023).

Masyarakat Kaltim, lanjut Hadi, khususnya warga Dayak siap hidup berdampingan dengan suku apapun yang datang ke Kaltim.

Alasannya, memang warga Dayak memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang patut diteladani. Mengedepankan toleransi dan kekeluargaan, sehingga suasana di Benua Etam tetap kondusif, aman dan damai.

“Kondisi inilah yang menjadi salah satu pertimbangan Pak Presiden Jokowi dan pemerintah pusat menetapkan Kaltim sebagai lokasi pemindahan ibu kota negara pada 26 Agustus 2019 lalu,” jelas Hadi, sembari mengisahkan pengalamannya ketika mendampingi Presiden Jokowi dalam satu mobil, sebelum penetapan lokasi IKN di Kaltim.

Menurutnya, memang Kaltim dengan keberagaman suku, agama dan golongan, masyarakatnya hidup berdampingan, rukun dan damai.

Oleh karenanya, Wagub berharap Mubes IV Lembaga Adat Dayak Kenyah Kaltim dan Kerukunan Dayak Kenyah Kaltim yang akan berlangsung nantinya dapat melahirkan kepemimpinan yang mampu membawa warga Dayak Kenyah dapat semakin berkontribusi dalam pembangunan di Kaltim.

“Terima kasih kepada warga Dayak, khususnya warga Dayak Kenyah yang telah bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Tampak hadir, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Marthin Billa yang juga Anggota DPD RI Dapil Kaltara, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, Anggota DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang, Ketua Umum LPADKTKU A Vendy Meru, jajaran KDKKT dan LADKKT, perwakilan ormas dan paguyuban suku se-Kaltim. (adv/diskominfo kaltim)

Baca Juga

Back to top button