Samarinda

Fasilitas Dasar Sudah Disiapkan, KEK Maloy di Kutim Siap Beroprasi. 

Upnews. Id SANGATTA – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan di Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur nampaknya akan segera beroperasi.

Satu perusahaan, yakni PT Palma Serasih yang bergerak di sektor minyak sawit akan membangun tangki timbun di kawasan tersebut.

Berdasarkan pantauan, berbagai fasilitas dasar memang sudah dibangun di dalam KEK Maloy.

Sambungan listrik sudah bisa dilihat tersambung di sepanjang jalan utama hingga ke Kantor administrasi KEK Maloy (PT MBTK).

Begitupun ketersediaan air bersih, yang mana sudah dibangun perusda pengolahan air bersih di dalam kawasan.

Hal serupa dibenarkan oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang, bahwa fasilitas dasar sudah tersedia dan siap digunakan.

“Sudah siap, tinggal pakai. Fasilitas air dan listrik sudah masuk sampai ke dalam KEK Maloy,” ujarnya

Kendati demikian, yang menjadi perhatian adalah infratruktur jalan yang menyambungkan jalan poros Kaliorang-Sangkulirang menuju ke pelabuhan KIPI Maloy.

Ketua DPRD Kutim, Joni yang juga turut hadir dalam kunjungan ke KEK Maloy mengaku kondisi jalan KEK Maloy memang belum sepenuhnya rampung.

“Jalannya juga banyak yang longsor. Tetapi mungkin ya (karena dalam proses pengerjaan) tidak jadi kendala itu,” ucapnya.

Jalan di dalam KEK Maloy merupakan jalan semen yang dibangun dengan 4 lajur.

Di tengah dua badan jalan, terdapat parit yang dibangun dengan kedalaman kurang dari satu meter.

Kondisi jalan belum sepenuhnya terhubung sedangkan di beberapa titik lainnya sudah tertutup rumput menjalan.

Namun, saat ini sedang berlangsung pengerjaan jalan KEK Maloy di beberapa titik sehingga dari simpang Poros Kaliorang ke Kantor Administrasi KEK Maloy, setidaknya terdapat tiga rambu pengalihan lajur sementara.

Melihat kesiapan saat ini, Joni berharap agar pemerintah terus mendorong percepatan operasi KEK Maloy bisa segera terlaksana.

“Segera diupayakan lah operasionalnya, jangan sampai kita lepas ini (status KEK),” ujarnya.

Pemerintah dalam menarik investor juga sudah menggagas kegiatan nasional Sail Sangkulirang 2024 yang kabarnya akan melibatkan KEK Maloy sebagai salah satu lokasi.

Diharapkan dengan adanya upaya memperkenalkan KEK Maloy, akan lebih banyak perusahaan yang tertarik untuk berinvestasi. (Adv)

Baca Juga

Back to top button