EkonomiKutai TimurPolitik

Arfan Pertanyakan Alasan PKS Beli Sawit Dibawah Harga Disbun

Upnews.id, Sangatta – Beberapa Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Diketahui masih ada yang membeli Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit milik petani, dibawah harga yang ditetapkan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur.

Mengetahui hal itu, Wakil Ketua II DPRD Kutai Timur Arfan. Mengaku bakal melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah PKS. Guna mengetahui alasan perusahaan tidak membeli sesuai harga pemerintah.

Baca Juga : Kutai Timur Pemilik Kebun Kelapa Sawit Terluas di Kaltim

“Kesepakatan waktu hearing kemaren kan semua pabrik wajib mengikuti harga yang ditetapkan Disbun. Tapi realitanya beda, makanya kami akan turun dengan instansi terkait untuk mengecek,” sebut Arfan usai mengikuti pelantikan sejumlah pejabat pada (21/06/2022).

Dirinya menduga, pengelola pabrik tidak membeli sesuai harga dari Disbun Kaltim lantaran adanya kecenderungan penurunan harga Crude Palm Oil (CPO). Sehingga pengusaha tidak dapat membeli TBS petani sesuai harga yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Kapal LCT Pengangkut Truk Sawit Terbalik di Sangkulirang

“Besok saya bersama Komisi B dan Forum Petani Sawit akan berkunjung ke PKS. Menanyakan kenapa mereka membeli harga sawit tidak mengikuti ketetapan Disbun,” tegas politisi NasDem itu. (An/Dr-Adv DPRD)

Baca Juga

Back to top button